RSKD Diminta Bangun Gedung Isolasi

Rapat koordinasi persiapan antisipasi pasien virus corona yang dipimpin Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. (Andrie/Disway)

===

Balikpapan, Diswaykaltim – Pemkot Balikpapan tengah menyiapkan Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) agar memiliki fasilitas kesehatan dengan standar terbaik. Selama ini, rumah sakit milik Pemprov Kaltim itu menjadi rujukan nasional.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai rapat pembahasan koordinasi menghadapi virus corona di Ruang Rapat 1 Pemkot Balikpapan.

“Sebagai rujukan nasional, untuk menangani kasus-kasus infeksi virus seperti corona. RSKD sudah ada ruang isolasi. Tetapi kami ingin yang terbaik,” ujarnya, Senin (3/2).

Menurut Rizal, hal itu cukup beralasan. Karena Balikpapan akan menjadi penyangga ibu kota negara (IKN). Kota Minyak juga menjadi pintu gerbang Kaltim, karena memiliki bandara internasional dan pelabuhan bongkar muat internasional.

“Dari sisi fasilitas kesehatan juga kami meningkat. Salah satunya menyiapkan ruang isolasi yang terbaik,” jelasnya.

Selain RSKD, ia berharap rumah sakit swasta lainnya dapat melengkapi fasilitas. Katanya Rumah Sakit Pertamina berencana membangun rumah sakit dengan fasilitas memadai, khususnya memiliki ruang isolasi standar terbaik dan terlengkap.

Rizal menyebut, selama ini fasilitas ruang isolasi di RSKD memang belum standar terbaik. “Ruang isolasi yang standar, ada masalah di tekanannya. Harusnya ada tekanan yang lebih negatif. Tidak di dalam ruangan. Jadi tekanan ruangan harus negatif,” terangnya.

Meski demikian Rizal menyebut jika RSKD bukan berarti tidak mampu menampung pasien dengan suspect virus corona. Hanya ada faktor lebih yang dapat digunakan pada saat hal-hal tertentu.

“RSKD bukan tidak standar, tapi berkelas-kelas. Jadi ada ruang isolasi untuk pasien TB, ada ruang isolasi untuk virus tertentu, ada yang bertekanan negatif,” ujarnya. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*