TNI Amankan 335 Patok Perbatasan RI-Malaysia

Prajurit Yonif Raider 600/Modang ini selalu melakukan patroli pengamanan patok perbatasan Indonesia-Malaysia. (Penrem 091/ASN/Disway Kaltim)

Samarinda, Diswaykaltim.com – Kinerja Yonif Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman patut diapresiasi. Terutama Satuan Tugas (Satgas) Pengaman Perbatasan (Pamtas). Menjaga perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Malaysia di wilayah darat. Yakni mengamankan patok-patok perbatasan.

Sabtu (1/2) kemarin, patroli patok batas pos edisi kedua kembali dilakukan. Tepatnya di daerah Simantobol Kecamatan Lumbis Kalimantan Utara (Kaltara). Selama 30 hari, sebanyak 335 patok telah dikonfirmasi aman.

“Prajurit patroli melalui medan darat yang cukup berat. Melewati jalan setapak, sungai, rawa, hutan dan pegunungan, serta lembah. Semuanya terbentang luas sebagai patok batas negara,” jelas Dansatgas Yonif Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman, Letkol Inf Ronald, dalam keterangan tertulis pada Disway Kaltim.

Ronald menyebut, patroli 335 patok pos edisi kedua ini dimulai pada 26 Januari 2020. Kemudian dijadwalkan selesai 24 Februari 2020. Sedangkan tugas pokok satuan ini dipimpin langsung oleh Letda Inf Chandra Danpos Lumbis.

“Patok batas ini menjadi tanggung jawab pengamanan Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Mondang. Tugas patroli ini wajib dilaksanakan agar tidak bergeser dan mengetahui dalam keadaan baik,” ujar Dansatgas.

Perlu diketahui, dalam melaksanakan tugas pokok itu, para prajurit juga diwajibkan untuk membantu masyarakat. Terutama yang tinggal di perbatasan. Di antaranya pengobatan dan pemberian bantuan sembako. Khususnya warga dan guru di perbatasan. (s/hry/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*