Isu Virus Corona, Polres Kukar Minta Wartawan Bantu Counter Hoax

Kabag Ops Kompol Boney Wahyu Wicaksono. (Bayu/Disway)

===========

Kukar, DiswayKaltim.com – Tim medis RSUD AM Parikesit memastikan kalau warga negara asing (WNA) asal Malaysia yang sedang menjalani pemantauan di ruang isolasi tidak terpapar virus corona. Tentu saja hal tersebut membuat seluruh masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya di Kutai Kartanegara (Kukar) merasa tenang.

Sehingga aparat kepolisian berpesan kepada masyarakat. Apabila mendapat kabar angin yang beredar terkait virus corona. Agar bisa memastikan kebenarannya lebih dulu.

“Terkait kesehatan maupun kondisi pasien. Silahkan di konfirmasi kepada orang yang tepat, seperti direktur rumah sakit,” kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Kukar, Kompol Boney Wahyu Wicaksono kepada Disway Kaltim, Rabu (5/2/2020) siang di Mapolres Kukar.

Sehingga lanjutnya, apa yang akan dikabarkan benar-benar valid.

“Intinya kami dari kepolisian tidak berharap ada berita-berita liat yang tidak sesuai dengan fakta. Contohnya seperti yang terjadi saat ini,” ungkap Boney.

“Karena seperti apa yang disampaikan Ibu direktur tadi. Bahwa pasien ini masih dalam tahap pemantauan,” tambahnya.

Arti pemantauan yakni tahapan yang paling ringan. Belum apa-apa. Itu level yang paling bawah.

“Jadi bukan hal yang harus di khawatirkan. Masih kategori aman,” tegas Kabag, lagi.

Hanya saja. Apabila ada ditemukan indikasi lain. Maka tim medis akan segera melakukan langkah-langkah selanjutnya. Mengenai perkembangannya bisa ditanyakan langsung ke direktur rumah sakit.

Untuk itu harapnya, rekan-rekan wartawan maupun netizen bisa mengcounter atau segera mengklarifikasi kabar hoax dengan berita yang benar dan tepat.

“Teman-teman media sudah mendengarkan sendiri tadi dari ibu direktur. Kalau ada muncur berita hoax, segera diralat. Agar tidak meresahkan masyarakat secara luas, khususnya di wilayah Kukar,” pintanya.

“Tapi sampai detik ini saya menganggap masyarakat di Kukar masih bijaksana dalam menanggapi kabar ini,” aku Boney. (byu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*