WNA Tiongkok di Balikpapan Negatif Corona

Andi Sri Juliarty. (dok)

==

Balikpapan, Diswaykaltim – Isu virus corona masih menjadi perhatian masyarakat. Bahkan adanya pemberitaan terkait virus corona langsung ditanggapi masyarakat dengan serius. Bahkan penyebar hoaks mengenai wabah ini ditangkap polisi.

Saat ini ada dua warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang sempat dirujuk ke Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD). Itu lantaran mereka batuk dan pilek. Kedua WNA ini bapak dan anak. Mereka langsung diinapkan dan sempat ditempatkan di ruang isolasi.

Wajar saja, kewaspadaan virus corona begitu tinggi. Sehingga pihak medis mencegah dan memeriksa untuk memastikan penyakit yang diderita WNA tersebut.

Kabar ini dibenarkan Direktur RSKD Edi Iskandar. Tapi dua WNA tersebut bukan terindikasi virus corona. Melainkan hanya batuk pilek biasa.

“Diagnosa influenza saja,” ujarnya, Selasa (4/2).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menegaskan kedua WNA tersebut bukan pasien yang terindikasi virus corona. Kedua WNA itu mengalami batuk pilek usai menyelam di Pantai Derawan, Berau.

“Mereka liburan di sana. Kami konfirmasi ke laboratorium, hasilnya negatif,” ujarnya.

Pasien tersebut memang sudah ada di Kaltim sebelum virus corona mewabah. Sehingga saat mereka hendak pulang ke negaranya, harus dibutuhkan syarat surat keterangan kesehatan. Walhasil mereka diinapkan di RSKD untuk mendapat perawatan sambil menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Setelah beberapa hari dirawat di RSKD, hasil laboratorium keluar dan menyatakan keduanya negatif corona. Selanjutnya mereka dipulangkan Senin (3/2). Juliarty mengatakan, mereka mendapatkan surat keterangan tersebut dan buru-buru mengejar penerbangan ke negaranya. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*