5 Poin Jadi Penekanan Presiden

PERWAKILAN BPBD Berau mengikuti rapat kerja nasional BNPB di Bogor, beberapa hari lalu.(ISTIMEWA)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Instruksi Presiden Joko Widodo untuk fokus pada penanggulangan bencana, dibenarkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Nopian Hidayat.

Menurutnya, ada lima poin yang disampaikan Presiden. Yakni, pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dalam upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Karena itu, pemerintah daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana, sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai dengan karakteristik wilayah, baik geologi, vulkanologi, limbah, hidrometeorologi, biologi, dan pencemaran lingkungan.

Kedua, setiap gubernur, bupati atau wali kota harus segera menyusun rencana kontinjensi, termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat dilaksanakan semua pihak, serta harus siap menangani bencana secara tuntas.

Selanjutnya, Presiden menegaskan untuk adanya pendekatan kolaboratif dan melibatkan pentahelix. Penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif. “Pentahelix yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik,” jelas Nopian kepada Disway Berau, Rabu (6/2).

Pada poin ke empat, lanjutnya, Presiden menginstruksi untuk meningkatkan kepemimipinan dan sumber daya manusia (SDM). Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan SDM yang andal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan yang mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.

Hal lain yaitu TNI-Polri harus ikut andil dalam penanggulangan bencana yang ada di daerah. “Itu adalah instruksi langsung dari Presiden yang disampaikan pada rakernas,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Berau AKBP Edy Erning Setyanto W mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk siap siaga dalam tanggap bencana. Dan, akan terjun langsung dalam upaya penanggulangan bencana di Bumi Batiwakkal.

“Kami siap bersinergi dengan masyarakat, pemerintah dan TNI. Ini telah menjadi tugas kami memberi pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. */FST/REY

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*