Perhimpunan Tionghoa Balikpapan Gelar Lomba Taichi dan Qigong

Suasana perayaan Cap Go Meh berupa lomba Taichi dan Qigong yang diselenggarakan Perhimpunan Tionghoa Balikpapan di Mall Balikpapan Baru. (Andrie/Disway)

===

Balikpapan, Diswaykaltim – Perhimpunan Tionghoa Balikpapan mengadakan perlombaan Taichi dan Qigong dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh di Mall Balikpapan Baru, Minggu (9/2).

Dalam acara perlombaan Taichi dan Qugong ini dilaksanakan dengan terbuka untuk umum. Berbagai usia ketegori yang dilombakan, mulai dari remaja maksimal usia 20 tahun, dewasa 1 usia 21-45 tahun, dewasa 2 usia 46-55 tahun, senior 1 usia 56-65 tahun, dan senior 2 usia maksimal 66 tahun. Tak hanya usia kategori, juga berbagai jenis lomba yang diperlombakan.

Ketua Panitia Lomba Taichi dan Qugong Piala Perhimpunan Tionghoa Balikpapan 2020, Chenrita mengatakan bahwa cukup banyak jenis yang akan diperlombakan. Jenis yang diperlombakan itu adalah Senam Tera Pernafasan Pokok, Senam Tera Pernafasan Lanjutan, Taichi 8 Jurus, Taichi 24 Jurus, dan Taichi Kipas.

“Ada nanti lomba tambahannya itu ada Taichi 32, Taichi 42, dan Pedang 32,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Tionghoa Balikpapan, Hendra Lee mengatakan, jumlah peserta yang datang diluar ekspetasinya. Hal ini dikarenakan untuk luar kota juga datang, seperti dari Kota Samarinda.

“Awalnya cuma 60 orang. Pas pendataan ada sampai 80an. Yang dari Samarinda ada sekitar 20 orang,” ujarnya.

Ke depannya jika melihat animo lomba yang masuk dalam kategori rekreasi ini banyak peminatnya, tidak menutup kemungkinan lomba serupa akan dilaksanakan dalam skala yang lebih besar.

“Kalau memang banyak yang minat kita buat skala Provinsi dulu lah. Kalo nasional masih berat,” jelasnya. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*