QRIS Tersedia di Tempat Ibadah

Masjid Al Ma’ruf Jalan Ramania Vorvoo Samarinda adalah salah satu tempat ibadah yang sudah menggunakan QRIS. Masyarakat yang ingin berzakat atau bersedekah tak perlu lagi mengeluarkan uang tunai. (Khajjar/Disway Kaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Sebagai salah satu mobile payment yang berkembang pesat saat ini, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) memberikan terobosan baru. Yakni menjalin kerjasama dengan rumah ibadah di Samarinda.

“Kenapa masuk ke situ? Di samping mudah, trennya memang seperi itu. Teknologi membawa hal-hal lebih transparan dan akuntabel,” kata Tutuk Setya Hadi Cahyono, Kepala Kpw BI Kaltim, Jumat (7/2/2020).

Tutuk menyebut, hal ini disambut antusias oleh masyarakat. Terutama para jamaah di tempat ibadah masing-masing. Keunggulan dengan penggunaan QRIS di tempat ibadah, selain memudahkan jamaah dalam memberikan zakat dan sedekah, donasi dari luar negeri juga bisa masuk.

Tempat ibadah yang sudah bekerja sama dengan QRIS di antaranya adalah Masjid Shiratal Mustaqiem di Samarinda Seberang, Masjid Jami Al Ma’ruf, Buddhist Center dan Gereja Imanuel.

BI berkomitmen untuk terus mensosialisasikan penggunaan QRIS lebih luas lagi. Tutuk mengimbau, bagi tempat ibadah yang membutuhkan QRIS, bisa menghubungi BI Kaltim.

“Tanpa biaya apa pun. Kami siapkan QRIS-nya. Syaratnya hanya rekening, boleh dari bank apa saja,” sebut Tutuk.

Tutuk pun menjamin keamanan penggunaan QRIS. Karena QRIS adalah hasil kerjasama BI dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Sebagai pelaku yang melakukan code respon. BI memfasilitasi sehingga terjadi interkonektivitas.

“Kita mengadopsi teknologi yang sudah aman dan sudah masif digunakan di luar negeri. Jadi pasti aman,” tambah Tutuk.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Kaltim, Yudhistira juga menambahkan, yang menyelenggarakan QRIS, adalah semua  Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang memiliki izin dari BI. “Jadi secara keamanan bisa kami jamin,” ungkapnya.

Selain tempat ibadah, BI bersama dengan PJSP terkait akan memperluas penerapan QRIS di pasar tradisonal, universitas dan lokasi wisata. (krv/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*