283 Personel Jaga Sidang Dugaan Makar

Ratusan personel kepolisian dari Polresta Balikpapan didukung Polda Kaltim mengamankan jalannya persidangan tujuh tahanan politik asal Papua di PN Balikpapan. (Andrie/Disway)

===

Balikpapan, Diswaykaltim – Polresta Balikpapan melakukan pengamanan di sekitar area Pengadilan Negeri Balikpapan Klas II B Balikpapan. Pengamanan ini terkait persidangan atas kasus dugaan kejahatan negara rasisme di Papua oleh mahasiswa dan warga Papua.

Sedikitnya ada 283 personel kepolisian serta dua unit kendaraan lapis baja dikerahkan untuk penjagaan. Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi juga turun langsung memimpin jalannya pengamanan tersebut.

“Personel yang diturunkan dari Polresta dibantu oleh Brimob Polda dan Sabara Polda Kaltim,” ujar Kombes Pol Turmudi saat ditemui di Pengadilan Negeri Balikpapan, Selasa (11/2).

Anggota kepolisian ini berjaga di beberapa titik. Mulai dari pintu masuk Kantor PN Balikpapan, area depan ruang sidang, dan di dalam ruang sidang. Penjagaan juga dilakukan oleh satuan intel.

“Jadi kami melakukan pengamanan terbuka maupun tertutup,” jelasnya.

Turmudi mengatakan kegiatan ini memang merupakan standard operating procedure (SOP) yang telah ditetapkan oleh Polda Kaltim. Personil yang diturunkan pun jumlahnya dinilai sudah sesuai.

“Memang tidak ada permasalahan yang menonjol. Tapi karena ini memang jadi perhatian publik, maka kami lakukan pengamanan secara optimal,” ujarnya.

Lanjut Kapolresta Balikpapan, dirinya berharap dengan banyaknya personel yang diturunkan, sidang akan berjalan dengan aman dan lancar. Tanpa adanya gangguan. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*