Balikpapan Operasikan Bus City Tour

Bus Balikpapan City Tour saat dipamerkan di perayaan HUT ke-123 Kota Balikpapan, Senin (10/2). (Fey/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com– Pemerintah Kota Balikpapan meluncurkan bus pariwisata sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Akhir pekan ini, masyarakat bisa mencoba bus city tour berkapasitas 30 penumpang.

Kepala Dinas Pemuda, Olaharaga dan Pariwisata Doortje Marpaung mengatakan, bus city tour ini melayani wisatawan domestik dan mancanegara. “Dengan fasilitas ini, wisatawan bisa berkeliling kota tanpa biaya,” katanya.

Bus bantuan Bank Kaltimra ini diserahkan bertepatan pada Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke-123 di Lapangan Merdeka, Senin (10/02).

Doortje Marpaung mengungkapkan, satu bus “Balikpapan City Tour” ini diharapkan meningkatkan kunjungan pariwisata tahun ini. Pada tahap awal, bus akan dioperasikan setiap Jumat, Sabtu dan Minggu.

Bus ini akan berkeliling melihat tempat wisata sekitar kota dan infrastruktur yang sudah dibangun di kota Madinatul Iman ini. “Misalnya Kebun Sayur, Tugu Australia, atau Dome,” imbuh Doortje.

Dinas Pariwisata melakukan sosialisasi ke sejumlah hotel, supaya wisatawan tahu fasilitas city tour tersebut. “Bukan hanya wisatawan, masyarakat Balikpapan juga bisa menggunakannya bila ingin berkeliling wisata kota,” tandasnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Balikpapan Tan Lili mendukung program tersebut. Menurut dia, cara ini ditempuh untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Balikpapan. Tan Lili mengakui saat ini menjadi momentum yang tepat karena banyak orang akan berkunjung ke Balikpapan untuk mengetahui ibu kota negara yang baru.

“Karena itu dengan fasilitas ini, paling tidak, bisa memudahkan warga luar kota yang ingin tahu Balikpapan maupun ibu kota negara,” ujarnya.

Meski baru beroperasi seputar kota, hal itu bisa menjadi gambaran pemerintah berupaya memberikan pelayanan buat masyarakat. “Mengunjungi sekitar kota bagus aja, karena jaraknya juga gak jauh,” sebutnya.

Dengan konsep Balikpapan City Tour menurutnya, Balikpapan juga memiliki branding bahwa kota ini memiliki destinasi yang menarik untuk dikunjungi. “Potensi wisata di Balikpapan sangat banyak. Nah, dengan konsep city tour itu bisa menjadi branding bagi kota,” ujarnya. (fey/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*