Berau Coal Siap Mendukung, Antisipasi Virus Corona di Berau

Perwakilan PT Berau Coal, KKP dan KUPP Berau foto bersama usai rapat koordinasi, pencegahan virus corona di Kabupaten Berau, Selasa (11/2).

Tanjung Redeb, Disway – Antisipasi penyebaran wabah virus corona masuk di Kabupaten Berau, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan, menggandeng PT Berau Coal.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Tarakan, Achmat Hidayat mengatakan, berdasarkan pantauannya, untuk di Indonesia sendiri belum ada yang terpapar atau terdampak dari virus corona. Namun, hal itu tidak membuat pihaknya mengendurkan kualitas pengawasan jalur masuk ke wilayah Berau.

“Walaupun belum ada masuk ke Indonesia, tapi kami harus tetap waspada dan tidak boleh lengah,” ujarnya kepada DiswayBerau, Selasa (11/2).

Dikatakannya, pihaknya semakin serius dalam melakukan pengawasan terhadap penyebaran wabah virus corona di Kabupaten Berau. Pemantauan virus corona tidak cukup dengan menggunakan thermal scanner saja, jadi harus dilakukan lebih spesifik agar bisa memastikan bahwa kondisi aman.

“Itu alat yang sekarang dipasang, hanya memantau suhu tubuh saja. Jika orang yang terdampak itu habis minum obat penurun panas, pasti lolos dari alat itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Berau, Arifai mengatakan, pihaknya telah berupaya melakukan antisipasi dengan membuat surat edaran persoalan virus corona.

Dikatakannya, surat edaran tersebut berupa imbauan kepada para pekerja di kapal, untuk terus minimal menggunakan masker sebagai alat pencegahan terpapar virus corona.

“Karena penularan virus corona itu lewat udara, untuk mencegahnya ya salah satunya dengan menggunakan masker,” ucapnya.

Pihaknya akan membuat tim khusus tanggap darurat, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Berau, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), PT Berau Coal dan beberapa instansi lain.

“Ini tim akan kami bentuk untuk melakukan pengawasan dan pencegahan masuknya virus corona,” tegasnya.

Shipping and PFSO Manager Tim Emergency Response Group PT Berau Coal, Hevensasi Siregar mengatakan, pihaknya siap mendukung pihak terkait untuk mencegah masuknya virus corona tersebut.

Dikatakannya, PT Berau Coal secara langsung mendapat mandat dari direktur untuk berperan aktif dalam penanganan wabah virus corona.

“Itu instruksi langsung dari atasan,” katanya.

PT Berau Coal, dalam hal ini akan siap membantu menyediakan tim emergency responsibility group sebagai tim tanggap darurat dan mendukung tim lainnya. Tidak hanya itu, PT Berau Coal juga akan membantu menyiapkan cairan antiseptik untuk menetralisir virus.

“KKP punya alat semprot, dan kami akan siapkan cairannya. Untuk kemudian seluruh petugas yang dikapal akan dilakukan penyemprotan,” tandasnya. (*/fst/***/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*