Kodim Tenggarong Rangkul Semua Golongan

Komandan Kodim 0906/Tenggarong Letkol (Inf) Charles Alling. (Rafii/Disway Kaltim)

KUKAR  – Ditinjau dari dinamika di masyarakat serta kondisi di Kukar, Kodim 0906/Tenggarong berupaya merangkul para tokoh dan pemuka agama. Tujuannya untuk menciptakan keamanan di Kukar.

“Kehadiran tokoh-tokoh agama sebagai duta yang nantinya akan menyampaikan langsung ke masyarakat,” ucap Letkol (Inf) Charles Alling di acara Coffe Morning di Makodim 0906/Tenggarong, Selasa (11/2) pagi.

Alling menyebut, peran tokoh agama di masyarakat masih sangat sentral dan penting. Pasalnya, Indonesia dihuni oleh penduduk yang masih sangat kental dengan spiritualitas. Karena itu, setiap orang “manut” dengan tokoh agama.

Alling berharap bisa menyuntikkan nilai-nilai nasionalisme ke masyarakat melalui tokoh agama. Tujuannya, mencegah kemunculan kelompok-kelompok baru yang anti Pancasila. Selain itu, ia ingin merawat keberagaman dan kecintaan pada bangsa dan negara.

“Banyak studi-studi kasus, di beberapa negara pecah karena hal-hal sensitif. Jangan sampai terjadi di negara kita,” lanjut Alling.

Menurutnya, masih banyak orang di Indonesia yang mudah terpengaruh dan tersulut emosinya. Hal ini menunjukkan kesadaran terhadap nilai nasionalisme masih sangat rendah. “Masyarakat jangan mudah terprovokasi,” pesan Alling. (mrf/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*