6 Atlet Anggar Kaltim Tunda Mimpi Tampil di Kejuaraan Asia

Kejuaraan Asia batal, atlet anggar Kaltim ingin diboyong ke Korea Selatan (Tebe/ Disway Kaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Enam atlet junior anggar Kaltim yang mengikuti Pelatnas untuk kejuaraan anggar junior se-Asia yang akan digelar di Indonesia, terpaksa dipulangkan. Pembubaran Pelatnas adalah buntut dari dibatalkannya kejuaraan tersebut oleh federasi anggar Asia. Dalam surat edaran yang ditandatangani Presiden Fencing Federation of Asia (Federasi Anggar Asia), Celso L. Dayrit, tanggal 9 Februari 2020, kejuaraan Asia 2020 yang akan diikuti oleh 33 negara tersebut dibatalkan akibat penyebaran virus corona.

Selaku tuan rumah, Indonesia tidak bisa berbuat banyak selain mengikuti intruksi federasi anggar Asia. Karena memang penyebaran virus corona banyak menghinggapi wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Ketua Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kaltim, Muslimin. Ia menyebut keenam atlet Kaltim yang mengikuti Pelatnas sudah kembali berlatih bersama rekannya di Samarinda.

“Dibatalkan tapi sifatnya penundaan. Belum tahu kelanjutannya karena federasi anggar Asia tidak menyebut rentang waktu penundaannya. Ini masih dikomunikasikan,” kata Muslimin, Kamis (13/2/2020).

Ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan setelah penundaan ini. Antara dimundurkan waktunya sampai wabah virus corona mereda, dipindahkan ke negara lain yang mana opsi ini sangat kecil kemungkinannya, atau meniadakan kejuaraan Asia tahun ini yang otomatis Indonesia harus merelakan kesempatan menjadi tuan rumah.

“Secara teknis Indonesia siap menyelenggarakan. Tapi karena virus corona ini ya terpaksa dibatalkan,” lanjutnya.

Lantaran tidak adanya kejelasan mengenai penyelenggaraan kejuaraan Asia ini, keenam atlet Kaltim langsung diikutkan kembali ke program latihan untuk persiapan PON Kaltim. Jika tak ada aral melintang, atlet anggar Kaltim akan bertolak ke Korea Selatan pada April mendatang untuk mengikuti kejuaraan lain, sekaligus melakukan try out di negeri gingseng tersebut. Jadwal ini dimajukan dari sebelumnya rencana TC di Korea Selatan adalah pada bulan Juli.

“Beberapa atlet akan kami ikutkan kejuaraan di Korea (Selatan) April nanti. Sekalian yang lain kami bawa, selain untuk menonton, sekaligus try out juga. Jadi sekali jalan saja,” demikian Muslimin. (ava)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*