Ketua Dewan “Nyebur” ke Sungai

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid saat melakukan gotong royong di aliran Sungai Mahakam. (Istimewa)

Kukar, DiswayKaltim.com – Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid melakukan kegiatan gotong royong. Membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) bersama ratusan warga, Sabtu (15/2/2020) pagi.

Ia terlihat menyeberangi sungai bersama warga.  Lalu memungut sampah dan membersihkan rumput yang menghalangi aliran air.

Turut dalam kegiatan ini Sekretaris Kecamatan Tenggarong Iriansyah, Lurah Loa Ipuh, Lurah Maluhu, dan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Mereka tergabung dalam Gerakan Aksi Peduli Sungai Tenggarong.

Sasaran pembersihan yakni aliran Sungai Saka Kanan. Yang merupakan anak Sungai Mahakam Tenggarong. Dari pantauan media ini, memang di aliran sungai ini terdapat penyumbatan karena rumput liar, enceng gondok, sampah, dan kayu.

Aksi gotong royong ini sebagai bentuk antisipasi banjir. Karena telah memasuki musim hujan. Akan menjadi penyebab timbulnya banjir di Tenggarong.

“Dengan dilakukan pembersihan, diharapkan aliran air bisa leluasa mengalir ke daerah hilir,” jelas Rasid.

Rasid menyebut, sebagian besar air sungai di Tenggarong digunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti mandi, cuci, dan keperluan lainnya.

Selain itu, aliran sungai yang dibersihkan digunakan oleh PDAM Kukar. Instalasi Pengolahan Air PDAM di Bekotok. Untuk keperluan air warga Loa Ipuh, Maluhu, dan sekitarnya.

“Yang terpenting dan utama, untuk menciptakan hidup sehat, lingkungan yang nyaman dan tenteram,” tutup Rasid. (mrf/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*