TNI AU Pamerkan Pesawat Tempur

Puluhan warga Balikpapan antusias menyaksikan alutsista udara TNI, Lockheed Martin F-16C Fighting Falcon, dari dekat di Base Ops Lanud Dhomber, Balikpapan. Ahad (16/2). (Hafizh/Disway)

===

Balikpapan, Diswaykaltim – Siapa yang tak takjub dan bangga jika melihat langsung wujud pesawat F-16. Sebab sangat jarang sekali pesawat tempur ini boleh didekati masyarakat umum bahkan menyentuhnya.

Ya, suasana padat merayap terjadi di Base Ops Lanud Dhomber, Sepinggan, Sabtu (15/2) dan Ahad (16/2) sejak pagi hingga sore. Ribuan warga dari berbagai kalangan datang melihat langsung pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara ini.

Tampak tiga unit pesawat F-16 dipamerkan kepada pengunjung yang datang. Pesawat ini memiliki daya tempur dengan kecepatan tinggi ini. Pesawat ini biasa dipakai untuk tugas pengamanan serta pengawalan pesawat kepresidenan.

Hal inilah yang menarik perhatian warga untuk melihat dan berfoto dengan pesawat tempur canggih ini. Bahkan banyak pengunjung yang rela berjalan kaki dari luar Base Ops hingga ke hanggar sekitar 1 kilometer lebih hanya untuk melihat pesawat tersebut.

“Saya sama anak-anak Madrasah Ibtidaiyah karena enggak dapat mobil, jadi jalan kaki dari depan sana sampai sini sekitar 1 kilometer. Alhamdulillah anak-anak antusias semua,” ujar Ina selaku Guru Madrasah Ibtidaiyah ditemui di Lanud Dhomber, Ahad (16/2).

Bukan hanya itu, masyarakat diberi kesempatan mengenakan seragam pilot F-16 yang sudah disediakan, untuk merasakan langsung sensasinya. Para pengunjung diizinkan mengenakan seragam lengkap pilot dan berfoto di dekat pesawat F-16. Tentu hal ini menjadi rebutan para pengunjung yang ingin mengabadikan momen langka tersebut.

“Kami izinkan siapa tahu mereka ada yang ingin menjadi pilot pesawat tempur,” ujar Mayor Pnb Ferry Rachman, Kasi Ops Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun.

Terbukti, seorang kakek bernama Muksin (71) datang bersama cucunya mengaku senang saat mengenakan seragam pilot. Dirinya merasa jadi gagah saat menyandang seragam kebanggaan TNI AU itu. Ia termotivasi agar salah satu cucunya bisa menjadi pilot pesawat tempur.

“Saya penasaran dari dulu ingin coba. Cucu saya banyak. Semoga salah satunya ada yang bisa jadi pilot pesawat tempur,” ujarnya.

Open base ini supaya TNI AU semakin dekat dengan masyarakat. TNI AU sengaja memberi kesempatan kepada warga untuk melihat secara langsung agar mengetahui kekuatan militer TNI AU. Serta memberi motivasi untuk selalu menjaga NKRI. Bahkan Lanud berharap ada yang termotivasi menjadi prajurit Angkatan Udara.

“Kami ada di sini sampai 20 Februari. Jadi kenapa tidak kami buka untuk masyarakat biar mereka bisa lebih mengenal kami,” tambah Ferry.

Pameran dibuka sejak pukul 09.00-16.00 Wita. Kegiatan ini hanya berlangsung Sabtu dan Ahad. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*