Warga Tadoan Sulap Sungai Jadi Tempat Wisata

Bupati Kutim Ismunandar saat mengunjungi Danau Sapan Indah di Kecamatan Sandaran. (EKO/DISWAY KALTIM)

Sangatta, DiswayKaltim.com – Usai menghadiri kegiatan Musrenbangcam di Kecamatan Sandaran, Bupati Kutim Ismunandar bersama rombongan meluangkan waktunya menyerahkan mobil ambulans. Selain itu, ia mengunjungi Danau Sapan Indah yang terletak di Desa Tadoan, Senin (10/2/2020) lalu.

Kepala Desa Tadoan Samuel mengatakan, awalnya Sungai Sapan ini hanya aliran sungai biasa. Berdasarkan dorongan masyarakat bersama perusahaan pada 2002, sungai ini mulai dibendung menjadi danau pemandian. Juga aliran air untuk turbin penggerak dinamo. Sebagai aliran listrik skala kecil untuk warga.

Pemerintah Desa Tadoan melihat potensi tersebut. Bersama BPD pada 2018, mereka menggelontorkan anggaran sebesar Rp 148 juta untuk membangun fasilitas di Danau Sapan. Kemudian tahun lalu, ada penambahan anggaran Rp 175 juta untuk melanjutkan pembangunan fasilitas di danau tersebut. Semua anggaran tersebut berasal dari Dana Desa.

Kata Samuel, masih banyak kekurangan untuk kelengkapan fasilitas objek wisata tersebut. Karena itu, tahun ini pihaknya akan menganggarkannya melalui APBDes.

“Kami memohon kepada Bupati Ismunandar dan Bapak Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur. Kiranya dapat merealisasikan dan menindaklanjuti untuk melengkapi fasilitas tempat pemandian Sungai Sapan ini,” harapnya.

“Agar sesuai dengan standar tempat wisata di daerah lain. Adapun pekerjaan yang kami harapkan bantuan di antaranya turap tanggul, turap badan jalan, pintu aliran air sekaligus kincir air turbo dan dinamo untuk listrik tenaga air, dan pengadaan bibit penghijauan,” ungkapnya.

Diketahui, melalui dana desa, pada 2019 Pemerintah Desa Tadoan mengadakan 1 unit ambulans. Untuk pelayanan kesehatan masyarakat Tadoan dan sekitarnya.

“Bupati sudah meresmikan pemakaian atau penggunaan mobil ambulans. Sekaligus pemberian nama tempat pemandian Sungai Sapan. Untuk dijadikan tempat wisata. Mudah-mudahan akan diresmikan oleh Bapak Bupati apabila fasilitasnya sudah lengkap dan memenuhi syarat pariwisata,” harapnya.

Ismu mengapresiasi langkah warga Tadoan. Danau Sapan Indah diharapkan menjadi objek wisata baru yang menarik wisatawan.

“Kita harapkan juga jadi destinasi wisata Kalimantan Timur maupun regional dan Indonesia,” harap Ismu.

Ia menjelaskan, danau yang sangat indah ini berada di atas pegunungan. Airnya bening. Sehingga air bisa dijadikan tempat berkaca. Di danau itu terpasang jembatan sepanjang 220 meter. Dilengkapi gazebo.

Ke depan, lanjut Ismu, pemerintah akan menambah fasilitas seperti tempat mandi bersalin, pohon di sekitar danau, dan fasilitas lainnya. “Untuk memancing masyarakat, dalam waktu dekat saya akan mengadakan kegiatan lomba mancing di danau ini bersama masyarakat sekitar,” sebutnya. (adv/eko/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*