Borneo FC Didominasi Pemain Muda, Ricky Nelson Bangga

Ulul adalah salah satu polesan Ricky yang tampil di tim utama Borneo (Tebe/ Disway Kaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Laga uji coba antara Borneo FC Samarinda dan Sulut United FC menjadi spesial bagi pelatih Sulut United, Ricky Nelson. Ia seperti pulang ke rumah lamanya. Ricky memang tak asing bagi publik Samarinda. Ia pernah menjadi pelatih Borneo FC Samarinda di Piala Presiden, pelatih akademi, hingga menjabat sebagai Direktur Teknis. Meski datang kembali sebagai lawan, Ricky mengaku laga ini sekaligus pelepas kangen pada pemain-pemain muda Pesut Etam.

Lebih dari setengah komposisi tim asuhan Edson Tavares musim ini berisikan pemain muda. Yang sekaligus adalah mantan anak asuh Ricky Nelson di tim akademi saat itu. Sedikit banyak, Ricky punya sumbangsih besar bagi para Youngstar Borneo hingga dapat bermain di tim utama dan berkompetisi di Liga 1 Indonesia.

“Sebagai mantan pelatih mereka, tentu saya bangga. Banyak pemain akademi yang mendapat jalannya di tim utama,” kata Ricky, Senin (17/2/2020).

Nama-nama seperti Wahyudi Hamisi, M. Ikhsan, Jufri, Sihran, Wiranto, Ulul Azmi, Ilhamsyah, dan Nurdiansyah (kini pemain Arema) adalah beberapa pemain yang meroket berkat tangan dingin Ricky di tim muda.

“Saya tahu mereka adalah pemain yang tak hanya punya kualitas, tapi juga kecepatan dan semangat juang. Saya harap mereka bisa terus berkembang di Borneo,” lanjutnya.

Meski tak lagi menjadi bagian dari Borneo FC Samarinda, Ricky Nelson sangat berharap mantan timnya tersebut terus konsisten membina dan memproduksi pemain muda. Tentu yang tak kalah pentingnya adalah memberi kesempatan bagi mereka untuk mentas di tim utama.

“Borneo bisa menjadi contoh bagi banyak klub di Indonesia. Menurut saya kualitas pemain lokal tidak jauh berbeda. Jadi tidak harus terpaku pada pemain bintang. Sebagai gambaran, kualitas tim Liga 1 dan Liga 2 itu tak jauh beda. Yang membedakan hanya pemain asingnya. Semoga Borneo bisa konsisten di jalan ini,” tukasnya.

Dipercaya menjadi juru taktik Sulut United FC menggantikan Hery Kiswanto, Ricky banyak memberdayakan pemain muda. Meski memasang target tinggi yakni lolos ke Liga 1 musim depan, kegemaran Ricky menelurkan pemain muda sama sekali tak berkurang. (ava/fdl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*