Warga Diminta Ikut Sukseskan Sensus

PEMBUKAAN Rakor Sensus Penduduk 2020 di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Senin (17/2).(ZUHRIE /DISWAY BERAU)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Wakil Bupati Berau Agus Tantomo resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk 2020 yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik, Senin (17/2) pagi.

Agus Tantomo mengatakan, Sensus Penduduk penting sehingga seluruh warga Berau wajib untuk mengikuti. “Hal itu dibutuhkan untuk menyamakan persepsi bagi pembangunan bangsa Indonesia,” katanya.

Menurutnya, ada persepsi yang salah di mata masyarakat selama ini. Sebagian besar data kependudukam sejauh ini hanya dianggap sebagai pelengkap demokrasi dalam dokumen pemerintah yang disimpan dalam lampiran. Faktanya, lanjut Agus Tantomo, data kependudukan selain menjadi pelengkap dokumen, melainkan dapat bermanfaat sebagai dasar perencanaan pembangunan daerah.

“Hal ini perlu diubah bahwa data kependudukan bukan hanya di atas kertas, data kependudukan modal dasar perencanaan pembangunan, data kependudukan itu paling penting. Dari Sensus Penduduk tercermin kualitas penduduk,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, Sensus Penduduk penting karena diselenggarakan sekali dalam 10 tahun. Karena itu, masyarakat Berau wajib membantu menyukseskan dan berlomba-lomba jadi warga yang tercatat dengan menyambut petugas-petugas yang datang ke rumah.

Sementara itu, Kepala BPS Berau Bahramsyah mengatakan, dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pihak, terkhusus Pemkab Berau, Bapelitbang, Dinas Pendidikan, serta Disdukcapil Berau.

“Harapan kami agar Sensus Penduduk 2020 dapat berjalan lancar dan penyebaranya bisa sampai ke seluruh masyarakat,” tuturnya.

Saat ini, tahap pertama Sensus Penduduk dimulai sejak 15 Februari. Tahapan sensus mandiri atau berbasis online, kata Bahramsyah, sudah dapat diakses oleh warga melalui website sensus.bps.go.id. Targetnya melalui sensus mandiri yang akan berakhir pada 31 Maret mendatang, mampu menyerap data kependudukan hingga 25 persen.

“Setelah Sensus Penduduk online, maka pada Juli mendatang baru BPS akan melakukan sensus manual dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah,” ujarnya. *

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*