Kunci Tertib Transportasi di Karakter Warga

GUBERNUR Kaltara Dr H Irianto Lambrie membuka Diklat Perhubungan Darat di Swiss-Belhotel Tarakan, Selasa (18/2).(HUMAS PEMPROV KALTARA)

TARAKAN, DISWAY – Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie menyebutkan, kunci utama transportasi atau lalu lintas bisa tertib dan aman adalah dari karakter warga.

Jika karakter terbangun, kata dia, kedisiplinan tertanam, lalu lintas di jalan raya akan tertib. Bahkan, saat tidak ada petugas sekalipun.

Itu disampaikan Gubernur saat membuka membuka diklat bagi para stakeholder di bidang perhubungan darat yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan melalui BP2TD (Badan Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat) Mempawah di Swiss-Belhotel Tarakan, Selasa (18/2).

Transportasi, kata Irianto, merupakan hal penting dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, indikasi sebuah daerah maju atau tidak, salah satunya dilihat dari transportasi. “Jika suatu daerah maju, transportasinya juga pasti maju, bagus. Untuk itulah Presiden Jokowi sangat memberikan perhatian dalam membangun infrastruktur pendukung transportasi,” ujarnya.

Selain penting pemenuhan sarana dan prasarana, menurut Gubernur, yang paling utama adalah memperbaiki karakter manusianya. Ditegasan, kedisiplinan dalam bertransportasi jauh lebih penting.

“Contoh banyak di beberapa negara lain, termasuk di tetangga kita, di Sabah, Malaysia. Di sana orangnya disiplin sehingga transportasinya tertib,” kata Irianto.

Kepada para peserta diklat, Gubernur berharap mengikuti kegiatan ini dengan seksama, dan implementasikan. Kegiatan diklat ini diikuti oleh sejumlah petugas di bidang perhubungan darat. Termasuk dari jajaran Satuan Lalu Lintas. Bertindak sebagai narasumber dari bidang SDM Kementerian Perhubungan. (humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*