Geliat Bisnis Es Batu Kristal di Samarinda: Laku 10 Ton Per Hari

Karyawan Henskristal Ice Solution memasukkan es batu kristal dari mesin pencetak ke kantong plastik untuk dikemas. (Dian/ Disway Kaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Semakin maraknya usaha yang bergerak di bidang food and beverage terutama restoran dan kafe, meningkatkan kebutuhan es batu kristal.

Hal itu dirasakan salah satu produsen es batu jenis ini, Henskristal Ice Solution. Meski baru satu tahun membuka pabrik di Kota Tepian, mereka  sudah memiliki lebih dari 100 customer.

“Sebelumnya, selama 8 tahun kami kirim dari Balikpapan. Baru akhirnya kami buka pabrik sendiri di sini,” kata Rikardo, Marketing Henskristal Ice Solution, Kamis (20/2), saat menerima kunjungan industri Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Samarinda.

Dalam sehari, pabrik yang berada di Perumahan Korpri Jalan Jakarta Kelurahan Loa Bakung ini bisa memproduksi 10 ton es batu. Yang dikemas 10 kilogram per bungkus dengan harga jual Rp 10 ribu.

Es kristal ini didistribusikan ke restoran dan kafe yang menjadi langganan tetap Henskristal, seperti KFC, Mc Donald’s, XXI, serta usaha-usaha kecil lainnya.

Disway Kaltim berkesempatan melihat langsung proses pembuatan es batu kristal ini. Pabrik berukuran 20 x 20 meter ini terbagi ke dalam tiga ruang utama.

Ruang pertama, berisi tumpukan es kristal yang sudah dikemas dan siap kirim. Memasuki ruang ke dua, ada satu orang karyawan, lengkap dengan sarung tangan dan penutup kepala, mengemasi es kristal yang keluar dari mesin pencetak.

Rikardo menjelaskan, sebelum masuk ke mesin pencetak es, dilakukan lima kali filterisasi pada air. Air yang digunakan pun air PDAM biasa. “Karena telah difilter, kualitas air kita sudah RO (Reverse Osmosis, red),” sambungnya.

Reverse Osmosis merupakan air yang telah melalui sistem penyaringan yang dapat menyaring banyak molekul besar dan juga kumpulan ion dari sebuah larutan.

Kemudian air masuk ke dalam mesin pencetak es. Dan mengalami proses pembekuan selama 15 menit. Setelah itu, keluar lah es batu kristal bening berbentuk bulat tabung yang langsung dikemas ke dalam plastik.

Setelah itu, es batu kristal dikirim ke seluruh pelanggan menggunakan mobil boks berpendingin untuk menjaga kualitas es agar tetap beku. Selain Samarinda, Henskristal juga dikirim ke sebagian wilayah Tenggarong.

Henskristal bukan pemain utama produsen es batu kristal di Samarinda. Kurang lebih ada empat produsen es batu kristal di Kota Tepian. (krv/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*