KPU Kerja Ekstra, Bentuk Tiga Tim untuk Verifikasi Berkas

Parawansa Assaniwora saat menyerahkan berkas di KPU Samarinda langsung diterima oleh Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat. (Tebe/Disway Kaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Pasangan Parawansa-Markus menyerahkan berkas persyaratan pencalonan di KPU Samarinda, di ahri akhir penyerahan, Minggu (23/2) sore. Tugas KPU Samarinda pun semakin berat.

Pasangan ini yakin 51.714 syarat dukungan yang diberikan akan lulus verifikasi berkas. Dimana minimum dukungan adalah 43.977 berupa foto kopi KTP.

Keduanya datang terlambat. Sekitar pukul 16.20 Wita. Melencen dua jam lebih dari jadwal semual yakni pukul 14.00 Wita. Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat pun langsung menerima berkas.

“Langsung kami periksa. Setelah dokumen masuk ke Kantor KPU, karena sekarang masih diperiksa di luar, akan langsung kami hitung di dalam,” kata Firman.

Proses pemeriksaan tidaklah mudah. Lantaran pemeriksaan berkas Zairin-Sarwono hingga saat ini belum selesai. Mau tidak mau, dengan perkiraan pasangan Qomariah-Ansarullah jadi mendaftar, KPU akan membagi tim menjadi tiga.

“Tim KPU akan dibagi jadi tiga. Masing-masing pasangan dipegang 4 orang dari KPU, dan 4 orang LO masing-masing pasangan. Itu dilakukan tanpa henti.

Siang malam kami bekerja. Jadi kalau kalian (wartawan) cari teman bergadang, datang aja kesini jam 3 pagi ya,” ucap Firman sembari tertawa.

Proses pemeriksaan awal ini pun harus dikebut. Karena sisa waktu untuk menyelesaikan pemeriksaan sisa 3 hari lagi.

“Tanggal 26 Februari semua harus selesai. Jadi kami bakal kerja keras,” tutupnya.

Disisi lain Parawansa yakin dukungan suaranya tidak akan berkurang banyak. Sekira 59 kotak berisi berkas diangkut menggunakan motor roda tiga dan mobil pick up.

“Berkas dukungan merata di 10 kecamatan dan 59 kelurahan, ada semua. Tapi, ada di beberapa tempat yang jumlahnya lebih banyak. Ada juga yang cuma seratus, dua ratus,” kata Parawansa.

Ia juga telah menyortir adanya data ganda. Serta dukungan dari ASN. Pasalnya, ditemukan data menyalahi aturan, Anca cs tidak dapat melakukan perbaikan. Mengingat kemarin merupakan hari terakhir.

“Kami meyakini jumlah yang ada itu. Kami punya data yang disiapkan untuk perbaikan, sudah kami siapkan.

Bahkan, ia meyakini kurangnya data yang mereka setor, yakni 51.714 berkas tersebut. Sekurang-kurangnya tidak akan melampaui batas minimum persyaratan 43.977 KTP.

“Kami meyakini jumlah itu tidak sampai 500 lah jumlah itu berkurang. Sedikit saja,” tandasnya.  (m2/ava/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*