Bidik Potensi Besar Pasar Kaltim, Honda Luncurkan Civic Hatchback RS

 Balikpapan, DiswayKaltim.com – Honda semakin agresif dan menghentak pasar segmen hatchback Kaltim dengan meluncurkan Honda Civic Hatchback RS. Grand Launching digelar di diler Honda Nusantara Balikpapan, Jalan Ruhui Rahayu, Minggu (23/2).

Sebelumnya, salah satu mobil legenda milik Honda ini sudah diluncurkan di Indonesia 6 Februari lalu di Jakarta. Honda Civic Hatchback RS resmi mengaspal di jalanan Tanah Air. Tipe ini adalah versi face lift dan tertinggi dari model sebelumnya, yaitu tipe E dan S.

Civic generasi kesepuluh versi terbaru ini mengusung tampilan sporty dan agresif. Seperti kebiasaan produsen otomotif, selalu ada penyegaran tampilan dengan melakukan minor model change (MMC).

“Civic adalah produk yang sejak kemunculan generasi pertama tahun 1973 dan masuk Indonesia pada 1975, sampai saat ini selalu diproduksikan. Bisa dibilang ini legenda,” ujar Branch Manager Honda Nusantara Balikpapan Finno.

Secara teknis, tambah Finno, mesin masih menggunakan 1500 CC 1.5 VTEC Turbo. Daya maksimal yang dihasilkan sebesar 173 ps dengan 5.500 rotation per minute (RPM).

Sementara torsi yang dihasilkan 220 Nm dengan 1.700-5.500 RPM. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology bersertifikat Euro4.

“Mesin yang sama digunakan pada CRV,” kata Finno.

Sementara ubahan pada tampilan dilakukan pada beberapa bagian. Seperti New Front Bumper Design, New Front Under Spoiler, New Rear Bumper Design with Diffuser. Penyegaran juga dilakukan pada warna velg 17 inci serta penambahan spoiler bawah pada kedua sisinya.

Yang semakin membuat mobil ini tampak gagah adalah penampakan dua knalpot (exhaust) di bagian tengah. Ini berbeda dari tipe sebelumnya yang diletakkan terpisah dan di bagian bawah. Untuk ubahan yang satu ini, kesan sporty seperti Honda Civic Type R sangat nampak.

Di bagian dalam, Honda memberikan aksen merah pada jahitan jok, konsol tengah serta pada kemudi.

Perubahan lain yang penting bagi keamanan berkendara adalah spion tengah yang otomatis meredup saat mendapat cahaya berlebihan dari kendaraan di belakang. Teknologi pada kaca ini menghindari pengendara dari silau yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Teknologi remote engine start juga digunakan untuk menghidupkan mesin dalam jarak maksimal 40 meter tanpa halangan. Dengan teknologi ini, pemilik bisa memanaskan mesin tanpa harus masuk ke dalam mobil. Sembari menunggu sirkulasi udara dingin karena secara otomatis Air Conditioner (AC) juga menyala.

“Tapi kendaraan tetap aman. Karena pintu dalam posisi terkunci. Teknologi ini memang hanya untuk menghidupkan mesin untuk memanaskan saja. Jika kita injak pedal, mesin akan otomatis mati. Untuk uji tabrak Civic ini mendapatkan lima bintang,” terang Finno.

Sebagai penerus seri sebelumnya, keunggulan dan perubahan minor pada seri terbaru ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan. Finno menarget bisa melepas 3 sampai 5 unit setiap bulannya.

“Penjualan tahun lalu kita bisa 1 hingga 3 unit per bulan. Semoga ini bisa lebih baik,” harapnya.

Sementara target pasar, Honda Civic Hatchback RS menyasar millenial dan eksekutif muda. Honda Nusantara membanderol tipe ini Rp 515 juta dengan varian warna merah, biru, hitam, putih, abu-abu gelap.

“Saat ini kita ready stock dua unit warna hitam dan putih,” sebutnya.

General Manager Honda Nusantara Kaltim I Dewa Made Wirya Atmaja mengatakan, pasar hatchback di Kaltim saat ini cukup bagus. Bahkan bisa dua kali lipat dari segmen sedan dengan tipe sama.

“Untuk original market-nya sekitar 25 persen di pasar mobil sejenis,” kata Dewa, sapaannya.

Sementara secara keseluruhan produk Honda, kata Dewa, dipimpin Brio dengan kontribusi 40 sampai 50 persen penjualan. Kecenderungan masyarakat menurutnya memang lebih memiliki city car dengan low cost green car (LCGC). “Biasanya kan kebanyakan karena ini mobil pertama konsumen. Kalau seri lain seperti CRV, Civic, biasanya adalah mobil kedua dan seterusnya,” katanya.

Sepanjang 2019, Honda Civic Hatchback mengumpulkan penjualan nasional sebanyak 1.579 unit dengan pangsa pasar 5 persen di segmen hatchback. (eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*