Kejurkot Bola Tangan Digelar, Diikuti 59 Sekolah Balikpapan

Tim PON Kaltim, Balikpapan (biru) vs Tim Pra PORPROV Kaltim, Balikpapan (merah) menjadi pertandingan pembuka pada Kejuaraan Bola Tangan Antar Sekolah se-Balikpapan yang dilaksanakan di Balikpapan Tennis Stadium. Dan berakhir dengan skor 21-14 dimenangkan oleh Tim PON Kaltim. Senin (24/2/2020). (Andi Muhammad Hafizh/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Kejuaraan kota bola tangan antar pelajar se-Balikpapan digelar, Senin (24/2) di Balikpapan Tenis Stadium. Diikuti 59 tim, kejurkot tersebut menambah gairah cabang olahraga bola tangan. Ketua Pengcab Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Balikpapan Suraji mengakui tahun ini jumlah peserta meningkat.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, masing-masing tim memenuhi jumlah kuota pemain yakni 16. Tentu ini merupakan sebuah perkembangan yang sangat cepat cabor bola tangan.

“Jumlah pemain masing-masing tim bertambah. Tahun lalu masih kesulitan mencari pemain. Rata-rata tim memenuhi kuota yakni 16 pemain,” ujar Suraji.

Sejatinya cabor bola tangan turut mendapatkan anggaran di perayaan HUT ke-123 Kota Balikpapan. Namun hal itu tak membuat Pengcab patah semangat untuk menggelar kejuaraan tersebut.

Suraji juga memaklumi hal itu. Tapi baginya pembinaan atlet terus berjalan. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya kejurkot bola tangan dengan peserta yang membludak. Bahkan dia sangat berharap pejabat di Balikpapan bisa melihat secara langsung perkembangan bola tangan di kejurkot ini.

“Harapan kami pejabat terkait bisa melihat kondisi lapangan yang ada untuk cabor ini. Karena handball (bola tangan) ini sudah berbicara mendunia, sudah banyak pemain nasional yang lahir dari Balikpapan,” tambah Suraji.

Kabid Binpres KONI Balikpapan Rustam juga sangat berharap dari kejuaraan tersebut lahir bibit baru. Apalagi jika ada atlet yang bisa mengikuti jejak senior mereka di Asia seperti Derril dan Bagus. “Semoga di antara kalian ada yang mengikuti jejak senior yang sudah pernah masuk ke SEA Games,” kata Rustam.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Irvan Taufiq mengaku bangga dengan antusiasme kejuaraan bola tangan antar pelajar tersebut. Harapannya kejuaraan ini bisa bergulir setiap tahunnya. “Peserta sangat membludak, patut dibanggakan. Tanpa anggaran mereka tetap punya semangat,” ujar Irvan.

Kejurkot antar pelajar ini akan berlangsung hingga Minggu (1/2). Pada pembukaan dibuka pertandingan antara tim PON Kaltim melawan tim Pra Porprov 2021. Skor akhir 21-14 dimenangkan oleh tim PON Kaltim. (fdl2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*