Dandim Ajak Tokoh Bangun Kondusifitas

Dandim 0906/Tenggarong Letkol (Inf) Charles Alling menyampaikan pandangan di hadapan para tokoh yang tergabung dalam FKP Kukar. (RAFII/DISWAY KALTIM)

Kukar, DiswayKaltim.com – Kodim 0906/Tenggarong berupaya mengamankan dan menghindari potensi gesekan di masyarakat. Khususnya di Kukar. Terutama yang timbul akibat isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Karena itu, Kodim 0906/Tenggarong merangkul seluruh elemen masyarakat. Salah satunya menjalin silaturahmi dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kukar.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol (Inf) Charles Alling menyebut, tokoh masyarakat merupakan simbol kekuatan di masyarakat. Diharapkan dapat lebih bijak. Menempatkan diri sebagai sosok penenang yang tidak mudah terprovokasi akibat ulah segelintir oknum.

Terlebih Kukar akan menghadapi kontestasi pilkada. Yang dihelat September 2020. Maka gesekan-gesekan di masyarakat mesti diredam dan dihindari.

“Apabila itu terjadi, akan membawa dampak tidak baik bagi kehidupan bermasyarakat kita,” ucap Alling pada acara silaturahmi Kodim 0906/Tenggarong dan FPK, Senin (24/2/2020).

Ia menyebut, Kukar memiliki beberapa suku dan penganut agama yang hidup berdampingan. Alling mengibaratkan Kukar sebagai miniatur Indonesia: beragam suku dan agama.

“Kalau kondusif, berarti kita mampu untuk menjaga keragaman di wilayah kita,” lanjut Alling.

Sementara itu, Ketua FPK Kukar Sabran mengatakan, forum ini merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dari berbagai suku dan paguyuban di Kukar. Ia menjelaskan, suku yang tergabung dalam FPK Kukar mencapai 22 suku.

“Kita sering melakukan dialog. Melakukan silaturahmi dengan kawan-kawan di paguyuban. Alhamdulillah berkat komunikasi itu, kita bisa lebih menyatu dalam menghadapi masalah,” ucapnya.

Kata Sabran, Kukar sedang menyambut ibu kota negara (IKN) baru. Sehingga sangat diperlukan penguatan dari sisi pembauran keberagaman. “Karena kalau tidak, bisa saja menggerus persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut adalah ajang silaturahmi yang diinisiasi Kodim 0906/Tenggarong. Silaturahmi ini merupakan program lanjutan dari silaturahmi yang dilakukan Kodim 0906/Tenggarong bersama Forum Kerukunan Umat Beragama beberapa waktu lalu. (s/mrf/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*