Diskes Balikpapan Akan Evaluasi Depo Air Minum

Bisnis depo air minum tumbuh subur di Kota Minyak. Untuk kehati-hatian, masyarakat diminta mengecek sertifikat laik dari Dinas Kesehatan Balikpapan sebelum membeli air isi ulang galon di depo tersebut. (Hafizh/Disway)

==

Balikpapan, DiswayKaltim – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Sri Andi Juliarty bakal mengevaluasi depo air minum di Kota Minyak. Ini dilakukan untuk menguji kelayakan air isi ulang galon tersebut.

Hal ini untuk menjawab keraguan terhadap beberapa depo yang masih belum terverifikasi di Diskes Balikpapan. “Mungkin ada yang belum terdaftar. Nanti kami adakan imbauan agar pemilik depo mau menguji airnya di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda),” ujarnya saat ditemui, Senin (24/2).

Dijelaskannya, ada 696 depo di Balikpapan yang terdaftar. Artinya mereka yang terdaftar telah melalui proses verifikasi serta uji air yang nantinya dikonsumsi warga. “Ada beberapa puskesmas yang bisa menguji kelayakan air minum. Tapi kami sarankan agar diuji di Labkesda,” imbuhnya.

Untuk mendaftarkan usaha depo air minum, cukup melapor ke puskesmas di dekat depo tersebut beroperasi. Sementara untuk perizinannya, harus didaftar ulang setiap tahun. “Petugas di puskesmas itu cukup sibuk. Tidak bisa sweeping setiap hari. Jadi selama ini pemilik depo yang harus datang untuk mendaftar. Tapi nanti kami akan berkoordinasi lagi masalah ini ke puskesmas di seluruh Balikpapan,” ucapnya.

Memang sampai saat ini belum ada laporan atau keluhan warga Balikpapan. Terhadap penggunaan isi ulang air galon. Namun dirinya tetap menyarankan agar lebih mengutamakan penggunaan air dari PDAM untuk kebutuhan sehari-hari. “Masyarakat harus bijak dalam memilih depo air minum yang mau digunakan. Kalau perlu konsultasi ke puskesmas setempat. Untuk mengetahui depo mana yang sudah dapat binaan,” katanya. (ryn/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*