Aparat di Balikpapan Angkut Sampah Plastik 1 Ton

Polairud bersama warga membersihkan sampah yang ada di pesisir Balikpapan. (ist)

==

Balikpapan, Diswaykaltim – Aparat kepolisian turun tangan membersihkan sampah plastik di Teluk Balikpapan. Mereka adalah personel dari Polairud, Polsek KP3 Semayang, Pelindo IV dan dibantu oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan ini dipimpin Kasubdit Patroli Polairud Polda Kaltim, Agus Suharsoyo. Sebanyak 25 personel Polairud menyisiri Teluk Balikpapan khususnya di kawasan Mangrove dan sekitarnya. Mereka membawa peralatan memungut sampah, seperti jaring, kantong besar hingga kaos tangan. Polisi memungut sampah plastik yang mengapung di perairan Balikpapan dengan menggunakan perahu karet milik Polairud Polda Kaltim.

“Kami peduli pesisir. Banyak sekali sampah yang mengotori perairan sehingga membuat tidak nyaman,” ujar Agus, Rabu (26/2).

Dalam kegiatan tersebut para personel berhasil mengumpulkan sampah plastik satu pikap penuh. Kotoran itu dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar.

“Beratnya sekitar 1 ton,” jelasnya.

Agus mengatakan kegiatan ini akan rutin guna menjaga keindahan pesisir Balikpapan. Ia ingin menanamkan sifat kepedulian personel terhadap kebersihan.

Salah seorang warga Balikpapan Barat Umar yang ikut dalam bersih-bersih ini menjelaskan, dirinya sangat terbantu dalam menjaga kebersihan. Pasalnya setiap hari warga di Balikpapan Barat khususnya yang tinggal di dekat mangrove selalu merasakan dampak dari sampah plastik tersebut. Bau yang ditimbulkan juga mengganggu.

Umar berharap dengan adanya bersih-bersih ini, warga lain juga bisa berpartisipasi. Serta tidak membuang sampah sembarangan.

“Kalau tidak mau ikut membersihkan, setidaknya jangan buang sampah sembarangan,” tambahnya. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*