PJU seperti Pajangan

Minim Cahaya Rawan Kriminalitas

KONDISI Jalan Mangga I, Tanjung Redeb. Sejumlah PJU di kawasan ini tidak berfungsi.(FERY/DISWAY BERAU)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Penerangan jalan umum (PJU) yang ada di beberapa ruas jalan dalam kota tidak berfungsi atau tidak menyala pada malam hari. Misal, dari pantauan media ini di Jalan Durian II, Jalan Mangga I dan II, di beberapa titik Jalan H Isa II, dan Jalan Pangeran Diponegoro.

Banyaknya PJU yang tidak menyala pada malam hari, disorot warga. Salma, misalnya, mengaku PJU di sejumlah ruas jalan tersebut sudah lama tidak menyala, namun tidak ada perbaikan.

Menurutnya, PJU sangat penting. Apalagi di Jalan H Isa II dan III yang di salah satu jalur kondisi jalannya mengalami kerusakan cukup parah. “Takutnya kalau gelap begitu pengguna jalan nanti bisa jatuh karena kondisi jalan rusak,” ujarnya, Selasa (25/2).

Karena itu, dia berharap PJU yang tidak berfungsi segera mendapat penanganan. “Pasti semua warga berharap agar PJU yang sudah dipasang bisa dirawat dengan baik,” ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Rengga Puspo Saputro yang dikonfirmasi, juga menyatakan pentingnya PJU bagi pengguna jalan. Karena dari beberapa kejadian tindak kriminal, terjadi di jalan yang minim penerangan.

Dirinya pun berharap kepada pemerintah untuk segera bisa melakukan perbaikan pada PJU yang mengalami kerusakan. “Untuk jalan gelap itu berpotensi bahaya juga bagi pengguna jalan. Jadi, kami mohon kepada instansi terkait untuk bisa bekerja sama memperkecil kemungkinan terjadinya tindak kejahatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau Abdurrahman mengatakan, kerusakan PJU di beberapa tempat telah dilakukan pendataan. Selain itu, pihaknya juga sedang menunggu pemenang lelang.

“Itu menjadi prioritas kami. Pasti kami upayakan cepat,” ujarnya. */FST/REY

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*