KPU Lantik 30 Anggota PPK se-Balikpapan

 

Balikpapan, DiswayKaltim.com  – Sebanyak 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2020 resmi dilantik, Sabtu (29/2) pagi.

Proses pelantikan dilakukan Ketua Komisi Pemikihan Umum (KPU) Balikpapan Noor Thoha di ballroom hotel Royal Suite di Jalan Syarifudin Yoes, Balikpapan selatan. Serta berlangsung khidmat.

Hadir juga  Assisten I Setdakot Balikpapan Syaiful Bachri, perwakilan unsur Muspida dan parpol.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha berpesan kepada para PPK untuk menguasai regulasi tentang pemilu.

Mengingat dari 30 orang ini ada anggota baru. Hanya sebagian yang sudah pernah ikut. Selain itu, ia juga mengingatkan para PPK harus menjaga netralitas.

“Saya juga mengimbau teman-teman media dan masyarakat untuk mengawasi PPS, PPK dan KPU Balikpapan pada umumnya. Agar supaya netralitas ini terus terjaga,” ungkapnya.

Selain 30 PPK se-Balikpapan yang dilaintik hari ini, KPU juga telah menyediakan anggota cadangan dengan jumlah yang sama. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat hari H.

“Dari 30 anggota cadangan, ada dua yang gugur. Selanjutnya usai dilantik para PPK ini akan menjalani tahap pembekalan selama satu hari penuh,” tambahnya.

Materi yang diberikan pun beragam. Mulai dari pembekalan terkait tugas, wewenang dan tanggung jawab. Kedua, tentang kode etik. Mencakup bagaimana anggota bergaul, berucap dan berbicara. Serta hidup dalam kelompok masyarakat. Dan terpenting, pengawasan internal dari KPU sendiri.

“Untuk internal kami akan membahas pelanggaran dan sanksi jika mereka melakukan pelanggaran dalam tupoksinya sebagai PPK,” jelasnya.

Dian kurniawati anggota PPK Balikpapan Tengah siap mensukseskan Pilkada 2020 Balikpapan. Dia juga ingin tau proses Pemilu seperti apa. Karena sebelumnya hanya bisa berkomentar.

“Nah, salah satu caranya saya harus ikut terlibat. kali ini saya ingin tau seperti apa sih yang sebetulnya. Untuk terjun langsung menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu kota Balikpapan,” jelasnya.(snd/adv/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*