Gang Sempit, Bangunan Terhimpit, Jago Merah Beraksi Hancurkan 14 Bangunan

Api melahap 14 bangunan di Gang 5 Karang Asam. (Bayu/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Api kembali melahap rumah warga di Jalan Slamet Riyadi gang 5 Rt 14 Karang Asam Ilir Kota Samarinda, Rabu, (11/03/2020) Sekitar pukul 17.00 Wita sore.

Muhammad Maulana, saksi mata mengatakan api bersumber di salah satu rumah di dalam gang sempit. Alhasil api dengan cepat merembet kebangunan rumah sebelahnya.

“Rumah awal itu letaknya ditengah-tengah, dari situ yang kami lihat munculnya api, kemudian api menyebar mungkin ke sebelah kanan, mungkin terkena salah satu kabel di rumah bangsalan kayu. Di situ meteran listrik meledak dan mengeluarkan api, hingga menyebar ke rumah lainnya,” terang Maulana.

Sekitar 14 bangunan hangus dilahap sijago merah.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Makmur Santoso mengatakan hal serupa. Banyaknya bangunan hangus karena beberapa hal.

Kondisi bangunan di dalam gang sempit dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Meski pun dibantu warga, akses jalan yang sempit jadi penghambat.

“Kondisinya didalam gang, ukurannya sempit, belum lagi warga yang mau membantu juga penuh, petugas sedikit kesulitan dengan kondisi tersebut,” tutur Sekertaris Disdamkar Samarinda Makmur Santoso.

Ia menambahkan telah mengerahkan  13 unit Tanki Fire Truck Gabungan Disdamkar dan PMK Swasta dan 12 mesin Portable Relawan

Terpisah, Kapolsek Sungai Kunjang, Kompol  I Ketut Gede Suardana akan mendata korban dari kejadian tersebut. Namun dari keterangan sementara ssektar 100 jiwa dari 25 Kepala Keluarga terkena dampak.

“Untuk sementara data itu dari relawan, namun masih kita pastikan kembali,” sebutnya.

Lebih lanjut untuk keterangan sumber awal munculnya api. Suardana mengatakan pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan lanjutan.

“Ini masih dalam penyelidikan, dugaan awalnya dari saksi-saksi ada satu rumah dibagian tengah, tapi nanti kita selidiki lagi,” sebutnya.

Tidak ada korban jiwa pada kebakaran kali ini. Hanya satu perempuan sempat shock lalu pingsan namun sudah dievakuasi warga. (Ar/Boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*