Persiba vs Kalteng Putra, Beruang Madu Tak Ingin Ternodai Lagi

Alfredo Vera tak terpengaruh statistik buruk Persiba di setiap laga perdana di Batakan. (Andi Muhammad Hafizh/ Disway Kaltim) 

Balikpapan, DiswayKaltim.com- Laga pembuka Liga 2 2020 menyajikan Persiba Balikpapan menghadapi Kalteng Putra, Sabtu (14/3) di Stadion Batakan. Pelatih tuan rumah, Alfredo Vera mewajibkan anak asuhnya tampil maksimal. Tiga poin wajib dipetik di laga perdana Persiba yang ditonton ribuan pasang mata.

Menghadapi Laksar Isen Muleng, skuat Beruang Madu bakal menerapkan skema 4-3-3. Posisi penjaga gawang dihuni Riki Pambudi yang akan dikawal empat pemain belakang. Mereka antara lain Eljo Iba, Imam Mahmudi, Dominggus Fakdawer, dan Irsan Lestaluhu.

Sementara lini tengah ditopang Bryan Cesar, Andre Dio, dan Yusuf Efendi. Lini serang Vera tak bisa memainkan Yudistira Mambrasar. Maka dari itu pelatih asal Argentina bakal memasang Indra Setiawan, Edy Gunawan dan Aji Kusuma sebagai trio penyerang.

Persiba punya catatan buruk ketika melakoni laga perdana di Stadion Batakan. Selama turun kasta ke Liga 2, Persiba tak pernah meraih kemenangan di laga perdana. Musim lalu mereka dipermalukan PSIM Yogyakarta 0-1, dan 2018 takluk dari Blitar United 0-2.

Namun statistik tersebut tak penting bagi Alfredo Vera. Musim ini situasi jelas berbeda. Persiapan yang matang selama sebulan TC di Jakarta ditambah laga uji coba sudah sangat cukup untuk pertandingan perdana. Tentu pertandingan malam ini tak boleh ternodai dengan gagal meraih kemenangan.

“Kalau kita mau lihat statistik seperti itu tidak terlalu perlu. Saya tidak suka bicara yang dulu. Situasi sekarang berbeda,” ujar Vera saya konfrensi pers, Jumat (13/3/2020) kemarin.

Secara mental skuat Persiba sudah sangat siap. Walaupun dihantui tren buruk di laga pembuka, bagi Vera pemainnya siap tampil maksimal. Pertandingan perdana memang sering membuat pemain sedikit nervous, tapi dia minta Bryan Cesar dkk fokus di pertandingan.

“Kita fokus untuk menang di pertandingan. Tim sudah siap, berharap pertandingan bagus, tampil bagus, dan bisa meraih kemenangan,” ujar pelatih asal Argentina itu.

Di sisi lain pertemuan Persiba dengan Kalteng sebelumnya pernah terjadi 2018 lalu. Persiba sementara unggul head to head dengan Kalteng. Beruang Madu sekali menang dan imbang dari dua pertemuan terakhir.

Riki Pambudi yang notabene mantan pemain Kalteng Putra siap memberikan penampilan maksimal. Baginya menghadapi Kalteng Putra hal yang biasa saja meskipun dia pernah membawa tim itu promosi ke Liga 1.

“Saya siap, tidak over confidence tapi kami yakin bisa memberikan kemenangan untuk masyarakat Balikpapan,” katanya.

Sebelum pertandingan, penonton terlebih dahulu disajikan opening ceremony di Stadion Batakan yang menandai dibukanya kompetisi Liga 2 2020.(fdl2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*