Hipmi Balikpapan Kumpulkan Dana

Bantu Pemkot Balikpapan Beli APD dan Masker

Glenn Nirwan. (dok)

Balikpapan, DiswayKaltim – Meski telah mendapat kiriman alat pelindung diri (APD) dan masker dari Pemerintah Pusat, Ahad (5/4) lalu, kebutuhan dua hal ini masih sangat mendesak di Kota Minyak. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut berterima kasih sekali jika ada pengusaha atau stakeholder yang bersedia membantu. Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Balikpapan merespons hal itu dengan mengumpulkan dana untuk membantu Pemkot Balikpapan.

Ketua BPC Hipmi Balikpapan Glenn Nirwan mengatakan, secara pribadi ia telah menyumbang Rp 50 juta ke Gerakan Balikpapan Peduli Corona yang digagas Pemkot Balikpapan bersama tim pengusaha. Panitia pengusaha ini diketuai pengusaha kawakan Balikpapan Roy Nirwan, ayah kandung Glenn. “Abang saya yang juga pengusaha juga sudah menyumbang,” ujarnya.

Tak hanya itu, Hipmi Balikpapan saat ini menggalang dana secara internal untuk diserahkan ke Gerakan Balikpapan Peduli Corona itu. Namun ia menegaskan, BPC Hipmi Balikpapan tidak turun ke jalan seperti BPC Hipmi di kota lain. Sebab, menurutnya, kasus corona di Kota Beriman sementara ini lebih tinggi dari kota lain di Benua Etam. Makanya ia ingin meminimalisasi risiko itu. “Kami saling koordinasi lewat telepon. Meminta menyisihkan rezeki dari sesama pengusaha di Hipmi,” urainya.

Diketahui, Pemerintah Pusat mengirimkan 80 koli APD dan 20 koli masker untuk Kaltim, Ahad (5/4) siang.

Kedatangan APD serta masker ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya Rabu (25/3) malam juga tiba.

Direktur RSKD Balikpapan yang juga Tim Gugus Tugas COVID-19, Edy Iskandar mengatakan, dari hasil kiriman yang pertama beberapa waktu lalu, saat ini kondisi APD yang ada sudah menipis.

Edy menjelaskan, nantinya APD masker ini akan disebar ke seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 di Benua Etam.

Ia menerangkan, APD ini kemungkinan hanya bertahan seminggu. Namun jika akan habis, biasanya Gugus Tugas Provinsi akan minta ke Gugus Tugas Pusat untuk segera dikirimkan tambahan.

Khusus di Kota Minyak, pembagian APD dan masker ini akan didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Balikpapan yang mendapat 350 APD, kemudian RS Beriman mendapat 150 APD, dan RS Tentara 100 APD.

“Tak hanya didistribusikan ke rumah sakit tetapi puskesmas dan petugas di bandara, pelabuhan, dan relawan lapangan,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rizal memastikan APD ini pasti kurang. Sebab digunakan terus-menerus oleh petugas medis. Namun untuk sekarang, dalam waktu satu minggu ini akan pas-pasan.

“Kami terus berpacu meminta kepada pemerintah pusat soal APD ini. Tapi jika ada perusahaan atau stakeholder mau membantu, kami sangat berterima kasih sekali,” pungkasnya. (hdd2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*