Angin Kencang Ditambah Cuaca Terik, Kebakaran di Tenggarong Hanguskan Enam Bangunan

Kukar, DiswayKaltim.com – Musibah kebakaran terjadi pada Sabtu (16/5/2020) sekira pukul 13.30 Wita di Jalan Mangkuraja 1, RT 18, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong.

Api semakin membesar ketika angin bertiup kencang. Petugas kebakaran pun kewalahan melawan si jago merah.

Salah satu korban bernama Yohannes Pothu menyebut, api berasal dari salah satu rumah sewaan. Awalnya Pothu sedang beristirahat setelah berkebun. Kemudian mencium bau menyengat dan mendengar istrinya berteriak karena ada kebakaran.

“Istri saya teriak ada api. Saya lihat api sudah di plafon. Enggak bisa diselamatkan lagi,” ujar Pothu pada Disway Kaltim di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Ia mengatakan, memang rumah sewaan tersebut sering terjadi kebakaran. Sebanyak tiga kali kebakaran, Pothu dan istrinya berhasil memadamkannya.

Dari enam bangunan yang terbakar, sebanyak dua rumah turut menjadi korban. Bahkan salah satu rumah yang ikut terbakar baru saja selesai dibangun.

Sementara itu, Kapolsek Tenggarong IPTU Triyadi mengaku belum dapat memastikan penyebab kebakaran.

Ia memilih menunggu hasil dari olah TKP yang rencananya dilakukan Polres Kukar. Berdasarkan keterangan saksi, api berasal dari salah satu rumah sewaan.

“Polsek Tenggarong dan Polres Kukar akan melakukan penyelidikan,” ujar Triyadi.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam setelah delapan unit mobil Damkar dari BPBD Kukar, dua unit mesin portabel dari relawan dan masyarakat sekitar, berusaha keras menjinakkan api. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (mrf/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*