Persiapan PPDB di Balikpapan Dimulai Juni

Ilustrasi suasana PPDB di sekolah. (Antara Foto/M Agung Rajasa)

Balikpapan, diswaykaltim – Disdikbud Balikpapan menetapkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada Juni. Panitia di sekolah diminta menyiapkan langkah teknis PPDB. Supaya pelaksanaannya bisa diterapkan. Dengan memanfaatkan teknologi.

“Menurut informasi, PPDB sekitar pertengahan Juni,” ujar Kabid Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan Sarjaka, Selasa (19/5).

Langkah ini diperlukan. Supaya dapat mengantisipasi jumlah orangtua dan calon peserta didik baru. Yang akan mendatangi sekolah pilihan masing-masing. “Teknisnya nanti berkirim data via daring. Memanfaatkan WhatsApp misalnya,” ujarnya, Rabu (19/5).

Sarjaka menjelaskan, sebelumnya PPDB berlangsung secara online sejak lama. Namun tahun ini, pelaksanaannya dimaksimalkan. “Sistematika penerimaan SMP sama seperti tahun lalu. Via online,” ungkapnya.

Menurut informasi yang ia terima, penerapan yang sama dilakukan untuk penerimaan peserta didik SD.

Nantinya PPDB tahun ajaran baru masih tetap menggunakan sistem zona. Ada tambahan jalur afirmasi. Dengan kuota 15 persen. “Sesuai keputusan kepala Disdikbud Pak Muhaimin, afirmasi sudah ada kuotanya sendiri,” ungkapnya.

Sebelumnya, jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik. Dari keluarga tidak mampu, dan tergabung dalam jalur zonasi. “Sekarang sudah terpisah,” imbuhnya.

Selain jalur afirmasi, ada jalur prestasi dengan kuota penerimaan khusus. Ditetapkan Disdikbud Balikpapan. Sebanyak 16 persen. Jalur perpindahan 5 persen, dan jalur zonasi 65 persen. (ryn/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*