Digitalisasi, Solusi Korporasi Bertahan Selama Pandemi COVID-19

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Ditengah situasi pandemi COVID-19, Telkom Group tetap berkomitmen mendukung bisnis pelanggan agar dapat bergerak melalui berbagai inovasi layanan.

Direktur Enterprise Business Service Telkom, Bogi Witjaksono mengungkapkan bahwa ditengah masa pandemi, saat ini pelanggan pemerintahan, korporasi maupun pelanggan UMKM membutuhkan dukungan ketahanan digital. Baik untuk proses bisnis maupun penyediaan layanan kepada pelanggan.

Merespon kebutuhan pasar tersebut, Telkom Group telah menyiapkan berbagai macam inovasi produk baik itu berupa Digital Service, Digital Platform, maupun Digital Connectivity.

Selain Layanan Emergency Contact Center yang sudah dikenal oleh masyarakat, yaitu layanan 112 jika menghadapi keadaan darurat yang terkait dengan dinas kesehatan, kebakaran, perhubungan, serta kepolisian, dan layanan 119 yang dapat dihubungi untuk bantuan kondisi kegawatdaruratan di bidang medis.

Produk DigiClinic yang merupakan aplikasi system informasi manajemen yang berbasis web service bagi pelayanan kesehatan oleh dokter, klinik dan Puskesmas tentu sangat relevan untuk kondisi saat ini. DigiClinic dapat diakses kapan saja, dimanasaja, melalui handphone dan komputer.

Layanan DigiClinic ini juga diperkuat dengan aplikasi Konsultasi Online yang memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan. Secara digital dari pendaftaran, konsultasi dengan dokter, hingga pembelian obat. Hal ini membuat masyarakat tetap mendapatkan akses layanan kesehatan yang dibutuhkan secara aman.

Untuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat, khususnya terkait administrasi kependudukan, Telkom Group juga menyiapkan Layanan Anjungan DukcapilMandiri (ADM). Yaitu layanan digital Telkom bagi Pelayanan Kependudukan dan PencatatanSipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil) melalui proses digitalisasi pencetakan dokumen kependudukan.

Layaknya ATM di bank, ADM dikembangkan untuk bisa mencetak dokumen kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Pindah, surat dokumen kependudukan lainnya. Masyarakat tinggal mendatangi ADM terdekat dan melakukan pencetakan dokumen dalam waktu 1 menit saja. Selain efektif dan efisien, ADM dapat menekanangka penyebaran virus karena adanya physical distancing saat penggunaannya.

Layanan digital juga disiapkan bagi para pelaku bisnis. Pada sektor keuangan, terutama BPR, telah hadir layanan SATU. Layanan ini merupakan layanan system core banking modern menggunakan teknologi cloud dan konsep manage services dengan disediakannya perangkat lunak, perangkat keras, infrastruktur serta manajemen TI professional. Yang mampu memberikan solusi perbankan secara menyeluruh dan efisien.

Untuk para pelanggan UMKM khususnya yang bergerak di bidang e-commerce, layanan Finpay hadir untuk memudahkan proses transaksi atau pembayaran secara digital sehingga dapat meningkatkan efektivitas maupun efisiensi bisnis. Apalagi di masa pandemic ini, masyarakat tentu banyak bertransaksi secara digital sehingga layanan ini tentu sangat dibutuhkan oleh banyak pebisnis,

Digital Platform yang saat ini dinantikan menjelang penerimaan siswa baru adalah, SIAP Online. SIAP Online merupakan system informasi pendidikan online yang menghubungkan orangtua, siswa, guru, sekolah, dinas daerah dan pusat secara terpadu dan akuntabel.

Sistem ini dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara berbasis waktu. Kini layanan di bidang Pendidikan ini didukung juga dengan Pijar yaitu platform sekolah digital termasuk untuk penugasan dan ujian online.

Sedangkan, bagi pelaku bisnis yang menjalankan aktivitas operasional secara Work From Home, Telkom menghadirkan layanan Machine atau Telkom Cloud. Layanan cloud dan infrastrukturnya merupakan bagian yang mendukung fleksibilitas bisnis dengan teknologi yang tersertifikasi, memungkinkan perusahaan tetap leluasa menjalankan bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Layanan cloudini, juga dilengkapi dengan platform DigiERP. DigiERP merupakan system informasi yang dapat mengelola aktivitas administrasi dan keuangan dalam satu aplikasi. Aplikasi DigiERP memiliki tiga fitur utama yang sangat dibutuhkan pebisnis. Pertama, Fitur Finance Accounting yaitu fitur untuk mengelola transaksi dan laporan keuangan. Kedua, Fitur Point of Sales yaitufitur smart cashier untuk mengelola transaksi penjualan outlet melaluikasir. Ketiga, Fitur Human Resource Information System (HRIS) yaitu fitur untuk mengelola semua administrasi karyawan, termasu kgaji.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan digital advertising kepada target pasarnya, Telkom Group juga menyediakan platform AdsQoo. Platform ini dapat dipergunakan sebagai media promosi usaha untuk menjangkau jutaan potensi pelanggan melalui media online, mobile dan digital dengan biaya yang iklan terjangkau.

Dan dapat dilakukan dengan mudah karena bisa dilakukan secara mandiri. Platform ini juga dilengkapi dengan fitur laporan iklan yang disajikan melalui halaman dashboard terbuka yang diperbarui setiap harinya. Apabila ingin melakukan promosi melalui platform lainnya, Telkom juga memiliki Media Hub.

Platform ini merupakan solusi agregasi konten dan layanan distribusi bagi penyedia konten dan TV Berbayar.Dengan menggunakan MediaHub, maka promosi akan muncul di channel TV berbayar sesuai keinginan pelanggan. Terlebih, dimasa pandemi ini, tentu terjadi peningkatan konsumsi melihat TV.

Digital Connectivity memberikan akses yang handal bagi Pelanggan Dengan adanya imbauan physical distancing dan kebijakan PSBB, maka konektivitas akan menjadi kebutuhan utama bagi pelanggan. Telkom menghadirkan layanan NeucentrIX yaitu data center yang menawarkan shared space untuk rak perangkat IT. Serta didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Yaitu sistem listrik, pendingin, dan keamanan. NeucentrIX dilengkapi dengan berbagaimacam fitur berupa Carrier Neutral, Global & Domestic Seamless Connectivity, Nation Wide Coverage, Telkom Eyeball Access, dan Uptime Standard yang dapat menunjang seluruh kebutuhan IT bagi pelanggan yang harus terus bergerak di masa pandemi ini.

Terkait dengan fluktuasi trafik yang terjadi saat ini, Telkom Group juga menyediakan layanan burstable baik untuk Astinet maupun IP Transit. Dengan menggunakan fitur Burstableini, maka pelanggan dapat memiliki fleksibilitas untuk penggunaan bandwidth sesuai kebutuhan. Layanan ini menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan tariff sesuai dengan penggunaan.

Untuk area yang belum terjangkau akses data baik dari jaringan Fiber Optik, maupun system komunikasi seluler, Telkom Group juga telah menyiapkan layanan internet lainnya yang cepat dan stabil yaitu mangoesky. Mangoesky merupakan layanan broadband internet satelit yang mencakup area di seluruh pelosok Tanah Air.

Di akhir paparannya, Bogi menyampaikan inovasi dari Telkom Group tersebut tidak terbatas pada produk diatas, masih banyak layanan yang bisa dikastamisasi sesuai kebutuhan pelanggan. Inovasi tak akan berhenti sampai di sini.

“Telkom Group sebagai perusahaan milik negara akan selalu ada untuk Indonesia, melalui solusi-solusi layanan yang disiapkan untuk mempermudah, mengefisienkan dan mengefektifkan bisnis pelanggan di era Digital,” pungkasnya. (adv/adi/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*