Masjid di Balikpapan Dibuka, Terapkan Protokol Kesehatan

IBADAH BERJARAK: Salat Jumat di Balikpapan Islamic Center kembali digelar. Dengan menerapkan protokol kesehatan. Yakni menjaga jarak, menggunakan masker, dan tidak bersalaman seperti biasa dilakukan setelah salat. (Andi Muhammad Hafizh/Disway Kaltim)

Balikpapan, diswaykaltim.com – Ribuan umat muslim di Kota Beriman memadati sejumlah masjid. Ini momen pertama dibukanya kembali salat Jumat.

Masjid At Taqwa dan Masjid Madinatul Iman, Balikpapan Islamic Center (BIC) diizinkan menggelar ibadah. Setelah Pemkot Balikpapan mengeluarkan edaran pembukaan kembali rumah ibadah.

Warga yang datang harus memakai masker. Beberapa petugas yang terdiri dari panitia Dewan Kesejahteraan Masjid At Taqwa tampak berjaga di gerbang. Bersama Satpol PP. “Tolong dipakai maskernya,” ujar Taufik, salah satu panitia.

Penjagaan lainnya ada di depan tangga lantai tiga. Masing-masing membawa thermal gun. Satu persatu jemaah diukur suhu badan. Panitia memberi jarak pada tiap shaf. Ditandai selotip merah. “Kami ikut protokol kesehatan. Alhamdulillah bisa salat berjamaah lagi,” ujar Asriansyah, warga Klandasan Ulu.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, sejauh ini tahapan yang dilakukan sesuai protokol Kementerian Kesehatan. “Yang juga penting, masyarakat memahami situasi ini,” ungkapnya.

Di Masjid Madinatul Iman BIC, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersyukur bisa kembali salat berjamaah bersama warga. Meski harus menjalani protokol kesehatan.

“Jaga jarak, menggunakan masker. Jaga kebersihan diri dan lingkungan,” sebutnya.

Dari 451 Masjid, hanya 85 masjid yang sudah melampirkan surat pernyataan siap mengikuti protokol kesehatan. Kemudian ada tiga musala, 26 gereja serta 1 vihara. (ryn/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*