Dinasi Koperasi dan UMKM menengah lengkap dengan kementerian koperasi UKM di 2021



Cara Daftar Dan Izin di Dinas koperasi dan UMKM

Dinas koperasi dan UMKM adalah dua hal tidak boleh dilewarkan untuk anda yang memiliki bisnis kecil atau biasa disebut dengan UMKM. Karena dengan mendaftar di kementerian koperasi dan umkm anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat.

Koperasi dan umkm akan banyak membantu anda dalam banyak hal, khususnya dalam uasaha yang sedang anda jalankan. Dengan fungsi yang cukup penting dari dinas umkm tentunya setiap pelaku usaha wajib mendaftarkan diri di dinas koperasi dan ukm tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasaan karena anda sebagai pelaku usaha akan mendapatkan banyak keuntungan.

Sayangnya, masih sedikit pelaku usaha yang mengenal Dinas koperasi dan UMKM. Hal tersebut memang wajar, banyak orang atau khususnya pelaku usaha yang tidak mengerti apa itu dinas koperasi dan usaha kecil menengah. Dan, apabila anda termasuk dalam kategori tersebut, kali ini kami akan membagikan beberapa informasi untuk anda. Apa saja informasi tersebut? Berikut ini untuk ulasan selengkapnya.

Dinas koperasi dan UMKM

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan setelah anda melakukan pendaftaran kementerian koperasi dan umkm. Salah satu manfaat tersebut adalah anda akan berkesempatan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah yang akan membantu bisnis anda, salah satunya adalah Bantuan Produktif Usaha Mikro atau disingkat sebagai BPUM.

Dinas koperasi dan UMKM sendiri adalah salah satu badan yang diawasi oleh pihak pemerintah untuk membantu koperasi dan umkm yang ada di Indonesia semakin berkembang. Jangan salah, UMKM sendiri adalah salah satu pasar yang menyumbang ekonomi negara cukup banyak, karenanya pemerintah juga akan membantu perkembangannya menjadi lebih baik. Dan apabila anda saat ini memiliki usaha skala kecil yang sedang anda jalankan, maka segera daftarkan diri menjadi bagian dari kementerian koperasi ukm.

Cara Daftar koperasi dan ukm

Dinas koperasi dan UMKM memiliki beberapa kriteria apabila anda akan melakukan pendaftaran. Apa saja langkah yang harus dilakukan? Berikut untuk detail langkahnya

  • Buat akun lebih dulu di https://oss.go.id dan lakukan login
  • Pilih “Perizinan Berusaha,”  dan pilih “Perseorangan.”
  • Selanjutnya pilih “Pendaftaran NIB  atau Nomor Induk Berusaha Perseorangan Mikro untuk anda yang menjalankan usaha mikro perseorangan atau bisa juga memilih Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil untuk anda yang memiliki usaha kecil perseorangan.
  • Selanjutnya lakukan proses NIB dan juga Izin Usaha.
  • Lengkapi setiap kolom data diri yang kosong
  • Apabila sudah klik simpan dan lanjutkan
  • Untuk formulir Data Usaha klik Tambah Usaha
  • Lakukan pelengkapan data usaha yang anda miliki dan klik lanjutkan
  • Untuk pelaku UMKM yang lebih dari satu maka klik Tambah Usaha, dan lanjutkan
  • Setelah melakukan pengisian data NIB dan juga Izin Usaha, maka lihat sekali lagi rangkuman datanya apakah sudah benar atau ada yang salah.

Dengan mengikuti setiap langkah tersebut maka anda bisa menjadi bagian dari Dinas koperasi dan UMKM tentu saja hal tersebut setelah anda mendapatkan balasan dari pihak pemerintah. Apabila ada beberapa data yang anda masukan salah atau tidak sesuai, maka anda tidak akan bisa melanjutkan pendaftaran, khususnya dalam hal perizinan. Karenanya lakukan pengecekan sekali lagi sebelum benar benar mengajukan sebagai bagian dari dinas koperasi dan usaha kecil menengah.

Proses Izin dinas umkm

Anda juga perlu melakukan beberapa proses izin. Apa saja itu? Berikut ini sudah kami rangkum untuk anda.

  1. Klik pada menu Permohonan – IUMK – Izin Komersial atau Operasional.
  2. Pilih nomor NIB atau Nama Kegiatan Usaha yang anda miliki dan klik Pilih NIB.
  3. Selanjutnya Pilih Kegiatan Usaha Setelah daftar kegiatan usaha muncul
  4. Berikutnya klik Izin Komersial atau Operasional.
  5. Lengkapi semua data yang dianjurkan, dan klik Lanjut dan Simpan.
  6. Klik pada Preview Izin Komersial atau Operasional yang baru saja diterbitkan oleh OSS di bagian Output Izin Komersial atau Operasional. Dan sudah selesai. 

Sekian ulasan mengenai Dinas koperasi dan UMKM dari kami mengenai cara daftar dan proses perizinan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk usaha anda.