Perbedaan kartu ATM chip dan magentic stripe di kartu ATM BCA dan mandiri debit chip di 2021



Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic

Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic pada dasarnya bisa anda lihat dari tampilan fisik karena Kartu atm chip memiliki tampilan yang tidak sama dengan kartu atm magnetic stripe. Tentu saja, tidak hanya dari segi tampilan saja tapi Kartu atm chip dan kartu atm magnetic stripe memiliki fitur yang berbeda.

Dari beberapa perbedaan kartu atm magnetic stripe dan juga ATM chip, ada beberapa poin yang perlu untuk anda perhatikan. Tentu saja, sebagai orang yang setiap hari menggunakan kartu atm bca chip tentu anda harus memperhatikan perbedaan tersebut. Karena banyak orang yang ternyata masih belum mengerti perbedaan antara kedua benda tersebut.

Lalu apa saja perbedaan antara Kartu atm chip dan kartu atm magnetic stripe? Bagi anda yang belum bisa membedakan kedua benda tersebut, maka kali ini kami akan sedikit berbagi kepada anda beberapa informasi. Apa saja itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic

Kartu atm chip memang sudah jelas berbeda dan bisa anda lihat langsung dari fisiknya, di mana kartu yang menggunakan chip memiliki chip khusus layaknya sebuah chip pada kartu SIM di smartphone yang setiap hari anda gunakan. Sementara untuk kartu atm magnetic stripe juga berbeda karena memiliki garis berupa stripe di salah satu area, dan kartu ini saat ini sudah tidak lagi dianjurkan dalam penggunaan transaksi.

Hal tersebut karena kartu atm magnetic stripe dinilai sangat rawan dalam pencuruian dana nasabah melalui penggandaan informasi nasabah, karenanya apabila anda masih menggunakan kartu atm jenis tersebut segera lakukan penukaran kartu atm mandiri chip untuk anda nasabah bank Mandiri.

Teknologi Penggunaan Kartu atm chip

Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic juga bisa anda temukan dalam hal teknologi yang digunakan. Seperti yang sebelumnya kami singgung kalau Kartu atm chip memiliki teknologi yang lebih aman apabila anda bandingkan dengan kartu atm magnetic stripe. Dengan menggunakan kartu jenis chip maka resiko untuk kehilangan uang dari pihak yang tidak bertanggung jawab juga bisa lebih anda tekan lagi.

Hal tersebut karena kartu atm magnetic stripe tidak memiliki password dan sementara ada banyak orang yang bisa menyalahgunakan hal tersebut. Jadi dengan menggunakan kartu atm magnetic stripe maka resiko untuk kehilangan dana atau pencurian data juga jauh lebih tinggi karena tidak memiliki perlindungan.

Keamanan Kartu atm chip

Yang tidak kalah penting dari sebuah Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic adalah dari segi keamanan dimana Kartu atm chip memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibanding dengan penggunaan kartu atm magnetic stripe yang sangat rawan untuk resiko pencurian data nasabah dan juga dana milik pemegang yang anda miliki di bank.

Perlu anda ketahui kalau Kartu atm chip tidak mudah untuk bisa digandakan, hal ini karena data yang ada disimpan dalam chip yang sangat banyak. Selain itu, Kartu atm chip juga memiliki CPU, memori, dan juga sistem operasi yang mungkin tidak anda sadari. Hal tersebut lah yang akhirnya membuat Kartu atm chip memiliki tingkat keamanan berlapis lapis yang jauh lebih baik ketika anda ingin menggunakan kartu tersebut di mana saja dan kapan saja.

Sementara untuk kartu atm magnetic stripe sangat mudah untuk digandakan karena berbagai informasi seperti nomor kartu, exp date, nama pemegang kartu, dan beberapa data penting lain itu tersimpan dalam magnetic stripe. Mungkin pada saat pertama kali penggunaan kartu atm magnetic stripe dinilai sudah cukup aman, dan saat ini hal tersebut harus ditingkatkan lagi dengan menggunakan teknologi yang lebih baik yakni atm chip.

Nah, itulah beberapa Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic yang mungkin belum anda sadari di mana Kartu atm chip memiliki teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan kartu atm magnetic stripe. Karena itu apabila anda saat ini masih menggunakan kartu atm magnetic stripe maka segera lakukan penukaran kartu di kantor cabang terdekat.