Bansos UMKM

Bansos UMKM

Pengajuan UMKM langsung cair 2021

Persyaratan gaji

Penghasilan minimum 3 jt per bulan

Bunga

0.06% per hari

Umur

Minimal Umur 21 tahun

Ketentuan

Fotokopi KTP dan surat usaha

Bansos UMKM

Pandemi COVID-19 yang sudah melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, sejak awal tahun 2020 seakan belum menemukan titik terang akan berakhir. Hal tersebut tentunya menjadi kabar buruk bagi ribuan pemilik usaha. Terlebih lagi, semakin banyak perusahaan raksasa yang mulai bertumbangan akibat efek pandemi. Berkaca dari peristiwa 1999, pemerintah memberikan perhatian spesial terhadap sektor usaha UMKM dengan memberikan bansos UMKM. Bantuan sosial ini ditujukan agar pemilik usaha UMKM yang saat ini berjuang menyelamatkan usahanya mendapatkan suntikan semangat. Untuk mendapatkan suntikan pinjaman dana ini, Anda perlu daftar bansos UMKM terlebih dahulu. Mengupdate info bansos UMKM terkini juga sangat penting sebelum Anda mencari tahu tentang cara daftar bansos UMKM. Berikut adalah berbagai hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum mengikuti pendaftaran bansos UMKM.

Tentang Bansos UMKM

Bansos UMKM merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah yang sudah diimplementasikan sejak tahun 2020. Tujuan dalam membuat program ini tak lain adalah untuk menjaga geliat usaha UMKM agar dapat bertahan selama masa pandemi. Di tahun 2021 ini, program UMKM bansos ini sudah disalurkan pada puluhan ribu pemilik usaha UMKM. Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan sosial UMKM ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. 

Salah satunya adalah, Anda harus melakukan pendaftaran UMKM. Untungnya, Anda bisa melakukan pendaftaran UMKM online. Namun, pendaftaran bansos UMKM online ini sayangnya baru diimplementasikan di beberapa daerah saja. Namun, Anda bisa melakukan pendaftaran bansos UMKM secara offline. Caranya adalah dengan mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM yang ada di wilayah domisili Anda. 

Syarat Mendaftar Bansos UMKM

Agar Anda dapat mendaftar untuk menerima bansos UMKM, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Yaitu antara lain:

  • Anda harus berkewarganegaraan Indonesia (WNI)
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki dan mengelola usaha mikro, kecil, atau menengah
  • Tidak menyandang status sebagai PNS, pegawai BUMN dan BUMD, dan TNI / Polri
  • Wajib melampirkan SKU apabila domisili KTP dan lokasi usaha berbeda
  • Tidak sedang menerima bantuan kredit bank, maupun pembiayaan KUR 

Cara Mendaftarkan Bansos UMKM

Untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan dana bantuan bansos UMKM, pastikan Anda sudah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang harus Anda bawa adalah KTP, Kartu Keluarga, dan SKU atau NIB. Selanjutnya, berikut adalah cara mendaftarkan diri untuk memperoleh bantuan sosial UMKM:

  1. Dengan membawa berkas-berkas yang sudah dipersiapkan, pergilah menuju Dinas Koperasi dan UMKM
  2. Serahkan dokumen tersebut kepada petugas dan isi formulir data diri yang disediakan
  3. Petugas akan mengaudit pengajuan bansos UMKM Anda. Anda hanya perlu menunggu hingga proses audit dan seleksi tersebut selesai.

Apabila permintaan untuk bansos UMKM Anda diterima, maka pihak Dinas Koperasi dan UMKM akan mengirimkan pemberitahuan. Jika Anda pengguna bank BRI, maka bansos UMKM tersebut akan dikabarkan pada Anda lewat bank tersebut. Anda harus melakukan verifikasi selaku pelaku usaha UMKM agar bantuan dana tersebut cair. Jika Anda tidak segera melakukan verifikasi, maka dana tersebut akan dibekukan dan dikembalikan ke pemerintah. 

Cara Mengecek Status Bansos UMKM

Pelaku usaha yang sudah mengajukan permohonan bansos UMKM umumnya akan mendapatkan pemberitahuan dari bank BRI atau BNI (bergantung dari nama bank yang dicantumkan). Namun, ada kalanya Anda tidak mendapatkan pemberitahuan SMS tersebut. Hal tersebut tentunya sedikit mengganggu. Terlebih lagi, bagi Anda yang sudah melakukan perjalanan cukup jauh untuk mendaftarkan usaha UMKM yang dikelola. Untungnya, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek status dari bantuan sosial UMKM. Simak caranya berikut ini:

  1. Bagi Anda yang mendapatkan bansos UMKM BRI, maka dapat melakukan pengecekan dengan mengunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum. Sedangkan, apabila Anda merupakan nasabah bank BNI, maka dapat mengunjungi situs https://banpresbpum.id/.
  2. Pada kolom yang tersedia, masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Untuk Anda yang mendaftar lewat BRI, jangan lupa sertakan kode verifikasi yang muncul
  3. Tekan tombol “CARI” atau “Process Inquiry”. Apabila Anda terpilih sebagai penerima bansos UMKM, maka informasi Anda sebagai pemohon bansos beserta konfirmasi dari Dinas Koperasi dan UMKM akan muncul.

Demikianlah langkah-langkah untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos UMKM. Dengan dipermudahnya cara pendaftaran bansos untuk pemilik usaha UMKM, diharapkan Indonesia dapat tetap bertahan hingga pandemi berakhir. Sudahkah Anda mendaftarkan usaha Anda?

Cek bank ini

UMKM Mekar

Pengajuan pinjaman UMKM mekar koperasi 2021

Persyaratan gaji

Gaji minimal 2 juta/ bulan

Bunga

Bunga mulai dari 0.88% per bulan

Umur

Berusia min 21 tahun

Ketentuan

Fc KTP, FC buku tabungan

Kartu Kredit Bank Mega

Dapatkan kartu kredit bank mega untuk transaksi yang semakin mudah 2021

Persyaratan gaji

Minimal gaji 4 juta/ bulan

Bunga

Mulai dari 1.45% per bulan

Umur

Usia Min 20 tahun

Ketentuan

Surat Usaha, Saldo Rekening 3 juta, FC KTP, Kartu ATM

BLT UMKM

Pengajuan BLT UMKM online langsung cair 2021

Persyaratan gaji

Dari 2 juta/ bulan

Bunga

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Umur

Umur 21 tahun

Ketentuan

FC KTP, Surat Usaha