BLT UMKM

BLT UMKM

Pengajuan BLT UMKM online langsung cair 2022

Persyaratan gaji

Dari 2 juta/ bulan

Bunga

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Umur

Umur 21 tahun

Ketentuan

FC KTP, Surat Usaha

BLT UMKM

Di tengah himpitan ekonomi akibat imbas pandemi, datangnya bantuan BLT UMKM terasa seperti angin segar. Terutama, bagi Anda yang saat ini sedang berusaha mempertahankan bisnis UMKM. Bantuan BLT UMKM dari pemerintah ini diberikan bagi pelaku UMKM yang memenuhi sejumlah persyaratan. Faktanya, bantuan UMKM dari pemerintah ini sudah berjalan sejak tahun 2020. Di tahun 2022, bantuan UMKM ini sudah memasuki BLT UMKM tahap 3. Untuk program ini, pemerintah menggelontorkan dana 1,2 juta yang akan diterima oleh masing-masing pelaku UMKM. Masing-masing sesi memiliki batas pendaftaran yang berbeda-beda. Sehingga, jika Anda ingin mendapatkan bantuan BLT dari pemerintah, ada baiknya untuk menyimak syarat serta cara pengajuan menerima bantuan berikut ini.

Syarat Penerima Bantuan BLT UMKM

Untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah persyaratan untuk mendapatkan bantuan. Ini tentunya adalah hal yang sangat krusial. Jangan sampai Anda mengantri dalam waktu yang lama hanya untuk mengetahui bahwa ternyata Anda tidak memenuhi persyaratan yang diajukan. Agar permintaan dana Anda lolos, simak persyaratannya berikut ini:

  1. Peminta bantuan merupakan warga berkebangsaan Indonesia (WNI)
  2. Bukan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN)
  3. Bukan merupakan anggota dari TNI / Polri
  4. Bukan termasuk pegawai BUMN / BUMD
  5. Memiliki usaha mikro dengan membawa bukti berupa SKU (Surat Keterangan Usaha) atau Nomor Izin Berusaha (NIB)
  6. Tidak sedang menerima pinjaman kredit di bank atau bahkan mendapatkan bantuan KUR
  7. Melampirkan e-KTP yang berlaku
  8. Foto dari bentuk usaha yang Anda lakukan
  9. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTMJ dari dinas Koperasi dan UMKM yang ada di domisili wilayah Anda

Cara Daftar Bantuan UMKM

Setelah semua dokumen dipersiapkan, barulah Anda bisa mendaftarkan diri untuk menerima bantuan BLT UMKM. Beberapa kota di Indonesia sudah mulai menerapkan pendaftaran BLT UMKM online. Untuk mendaftar secara online, Anda hanya perlu mengunjungi situs pendaftaran BLT sesuai dengan kota asal atau domisili Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak menemukan link pendaftaran online, maka Anda harus melakukannya secara offline. Untuk mendaftar, Anda harus mengunjungi kantor Dinas Koperasi dan UMKM di wilayah domisili. Serahkan dokumen yang dibutuhkan pada petugas dan tunggu hingga petugas memproses data Anda. Apabila permintaan Anda lolos, maka Anda akan mendapatkan pesan SMS dari bank BRI atau BNI untuk melakukan pencairan dana. 

Cara Mencairkan Dana BLT di Bank Tanpa Antre

Untuk mempermudah, Anda bisa melakukan reservasi pencairan dana BLT UMKM BRI secara online. Ini caranya:

  1. Untuk melakukan reservasi pendaftaran BRI UMKM BLT, kunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Masukkan nomor NIK Anda dan klik “Process Inquiry”
  3. Apabila Anda termasuk kandidat yang berhak menerima bantuan BLT UMKM, maka akan langsung diarahkan ke laman reservasi 
  4. Isi formulir penerima bantuan yang tersedia. Data yang harus Anda isi meliputi KTP, Provinsi, Kota/Kabupaten, bank tempat Anda melakukan pencairan dana BLT, dan jadwal anteran yang diinginkan
  5. Masukkan kode verifikasi dan klik “Lanjut”. Anda akan mendapatkan nomor referensi. Simpan nomor tersebut dan tunjukkan saat Anda datang ke bank. 

Cara Mengecek BLT UMKM

Anda sudah mendaftar namun belum menerima SMS dari bank? Tidak perlu gelisah. Karena, Anda bisa melakukan pengecekan BLT UMKM secara online. Cara mengecek BLT UMKM sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan perangkat smartphone atau laptop dan koneksi internet yang stabil. Berikut adalah cara mengecek penerima bantuan UMKM:

  1. Langkah pertama cara mengecek penerima UMKM adalah dengan mengunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum (nasabah bank BRI) atau https://banpresbpum.id/ (nasabah bank BNI)
  2. Masukkan 16 digit NIK yang Anda miliki yang dapat dilihat dari dokumen KTP atau Kartu Keluarga
  3. Klik tombol “Cari”. Anda akan mendapatkan tampilan informasi mengenai status bantuan BLT UMKM.
  4. Bagi Anda yang menerima bantuan BLT UMKM, maka Anda bisa langsung melakukan pencairan dana di bank. Untuk periode bantuan BLT pelaku usaha PMKM gelombang ke-3, pencairan dana sudah mulai bisa dilakukan mulai dari bulan Juli hingga September tahun 2022. 

Demikianlah hal penting yang perlu Anda ketahui tentang syarat, cara pendaftaran, dan cara mencairkan BLT UMKM. Jangan lupa untuk segera melakukan pencairan dana dalam kurun waktu 3 bulan. Semoga informasi ini membantu Anda.

Cek bank ini

Kartu Kredit DBS

Ajukan kartu kredit bank DBS untuk transfer luar negeri 2022

Persyaratan gaji

Min gaji Rp 3.5 Juta

Bunga

2.4 % setiap bulan

Umur

Min Umur 21 tahun

Ketentuan

ATM DBS, Surat usaha, Rekening Koran diatas 10 juta, FC KTP

Mastercard BCA

Pengajuan mudah tanpa syarat hanya di kartu kredit master card BCA 2022

Persyaratan gaji

Min penghasilan Rp 2.5 Juta

Bunga

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Umur

Usia 21 sampai 55 tahun

Ketentuan

FC KTP, Setoran 100 ribu, ATM Rekening

Pinjaman 100 juta

Dapatkan pinajam 100 juta tanpa jaminan dan langsung cair 2022

Persyaratan gaji

Minimal pendapatan 2 jt/ bulan

Bunga

3% per bulan

Umur

Min umur 21 tahun

Ketentuan

FC KTP, KK, Surat Usaha, Rekening Koran