Diswaykaltim.com – Harga beberapa kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Sebelumya lonjakan harga terjadi pada gula pasir yang sempat mencapai Rp 21.500 per kilogramnya (Kg).

Kenaikan harga juga terjadi juga pada dan ayam potong. yang semula di angka Rp 45.000 per kg kini mencapai Rp 70 ribu.

Kenaikan ini tentu meresahkan bagi ibu rumah tangga juga para pedagang makanan. Selain itu harga ayam potong yang biasanya hanya Rp 38.000 per kg kini mencapai Rp 53 ribu. Salah satu pengunjung pasar tumpah di Jalan Diponegoro Sangatta Utara Siti Hariyah (60) mengaku terkejut dengan kenaikan harga bawang dan ayam potong. Kenaikan ini tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

“Sekira dua pekan lalu saya beli masih di harga Rp 45 ribu, sekarang sudah Rp 70 ribu. Mengejutkan sekali jadi saya hanya beli setengah kilo saja dulu, begitupun harga ayam potong pun ikutan naik” ujarnya.

Sementara salah satu pedagang Ani menyebut kenaikan harga mengikuti harga tinggi dari distributor. Sehingga mau tidak mau ia pun menjual dengan harga yang sesuai. “Dari sananya sudah tinggi, jadi kita jual pun dengan harga segitu. Katanya stok kurang jadinya mahal,” pungkasnya.

Sementara, Kasi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Ahmad Dony Erviady mengatakan, kenaikan beberapa harga pasar dikarenakan kurangnya pasokan dari luar daerah masuk ke Kutim.

Sehingga lonjakan harga terjadi di beberapa bahan pokok. “Kenaikan karena pasokan dari Sulawesi belum masuk. Yang masuk hanya dari Balikpapan dan Samarinda itupun tidak memenuhi kebutuhan daerah. Itulah mengapa ada kenaikan dari distibutor,” katanya Selasa (9/6) saat dikonfirmasi.