DiswayKaltim.com – Sebanyak 35 anggota Kaltara periode 2019-2024 dilantik dan diambil sumpah jabatannya, Rabu (4/9/2019). Kegiatan berlangsung di gedung Kaltara, Jalan Kolonel Sutadji.

Pengucapan sumpah dan janji dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Sutoyo. “Berdasarkan surat putusan Kemendagri 161.65-3808 Tahun 2009, ada 35 anggota Kaltara masa jabatan tahun 2019-2024 dilantik hari ini,” ucap Plt Sekretaris Kaltara, Sanusi kepada DiswayKaltara.

Adanya keterlambatan pelantikan ini, dikarenakan anggota Kaltim juga menjalani pelantikan. Sehingga Ketua Pengadilan Tinggi membuat surat, yang disampaikan kepada Pemprov Kaltara agar pelantikan diundur dari 2 September menjadi 4 September 2019. Kemudian disampaikan kepada Kemendagri dan hal itu dimaklumi dan tidak ada masalah.

“Karena jedanya hanya dua hari saja dari tanggal rencana 2 September, pasalnya anggota DPRD Kaltim juga dilantik,” bebernya.

Setelah dilantiknya ke-35 anggota DPRD Kaltara yang baru ini, maka dipilih dua anggota untuk menjadi pimpinan sementara DPRD Kaltara.

Berdasarkan hasil rapat musyawarah penetapan hasil pimpinan sementara yang dihadiri oleh utusan partai PDIP, Gerindra, dan Hanura, Senin (2/8/2019) yang lalu.

“Maka yang menjadi Ketua Sementara yakni Norhayati Andris dari PDIP dan Wakil Ketua sementara Yancong dari Partai Gerindra,” sebut pria yang juga menjadi Asisten I Sekretariat Provinsi Kaltara ini.

Dia menambahkan, untuk tugas pokok pimpinan sementara DPRD Kaltara adalah memimpin , memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi perumusan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.